Moment kelahiran bayi merupakan sebuah moment yang paling ditunggu- tunggu. Apalagi bagi anda calon ibu baru yang akan merasakan memiliki anak atau bayi untuk pertama kali. Tentunya sudah ada banyak list perlengkapan bayi yang ada di benak anda, dan belanja kebutuhan bayi tersbeut juga merupakan sebuah aktivitas yang akan sangat menyenangkan bagi ibu.  Tentunya tidak sedikit yang ingin anda beli untuk calon buah hati, dan terkadang hal tersbeut juga akan sangat membingungkan, barang mana yang perlu anda prioritaskan dibeli, dan barang mana yang masih bisa anda tunda untuk membelinya. Nah, untuk lebih memudahkan anda memilih dan juga beli produk perlengkapan bayi yang tepat dan sesuai, berikut beberapa produk yang perlengkapan bayi yang bisa anda beli menjelang persiapan kelahiran bayi.

  1. Kain bedong

Kain bedong masuk ke dlaam salah satu jenis perlengkapan bayi yang paling utama harus anda beli, pada saat bayi dilahirkan sampai kurang lebih usia satu bulanan bayi memang terbiasa dibedong untuk tetap menjaga kehangatan tubuhnya, khususnya ketika bayi tengah tertidur pulas, sehingga tidak heran jika kain bedong biasanya dijadikan prioritas oleh para ibu- ibu. Untuk anda calon ibu baru, pilihlah jenis kain bedong dari bahan yang lembut dan tidak kasar, sehingga akan membuat bayi terasa nyaman. Untuk jumlah kain bedong yang perlu dibeli biasanya sesuai dengan keinginan ibu, tapi kami sarankan untuk beli kain seidaknya 10 buah untuk dijadikan sebagai cadangan jika bayi anda sering ngompol.

10 Perlengkapan bayi yang perlu ibu persiapkan menjelang melahirkan

  1. Baju bayi

Untuk yang berikutnya tentunya sangat penting untuk menyambut kelahiran bayi adalah dengan membeli macam- macam baju bayi. Untuk jenis pakaian yang satu ini memang perlu diperhatikan lebih teliti, karena baju bayi terdiri dari lapisan yang menjaga tubuhnya untuk tetap hangat, untuk yang pertama yang pelru anda beli adalah abju tangan pendek, baju dengan tangan oanjang, kaos singlet, gurita, celana panjang, celana pendek, baju kutung yang biasanya dijadikan dalaman. Sesuaikan juga pemilihan warna nya dengan jenis kelamin bayi, tapi bagi anda yang belum mengethaui jenis eklamin bayi bisa juga memilih jenis warna netral seperti biru, merah, kuning dan beberapa warna lainnya.

  1. Sarung tangan dan sarung kaki

Bagi bayi yang beru lahir kulit dan tubuhnya masih sangat sensitif dan masih pelru menyesuaikan dan adaptasi dengan suhu ruangan, utnuk itu anda pelru mempersiapkan sarung tangan dna juga sarung kaki untuk emnjaga kehangatan dna juga menjaga bayi untuk mencakar- cakar wajahnya karena kuku- kuku yang masih panjang. Dengan penggunaan sarung tangan dan juga kaki ini bisa mejaga kehangatan tubuhnya dan membuatnya tetap ahngat. Untuk anda para ibu baru, sebaiknya pilih bahan sarung tangan dari katun yang mudah menyerap keringat, serta untuk jumlahnya sendiri anda bisa beli setidaknya 6 buah pasang atau bisa juga 1 lusin.

  1. Popok bayi

Popok merupakan salah satu hal terpenting juga yang pelru ibu persiapkan, biasanya beberapa bayi menggunakan popok smapai dengan usia bayi 2 bulan, tapi ada juga beberapa ibu yang hanya menggunakannya selama 1 bulan saja untuk bayinya. Untuk pemilihan popok ini juga sebaiknya yang mudah menyerap keringat dan pastinya terbuat dari bahan yang lembut agar menjaga kulit bayi yang masihs ensitif. Penggunaan diapers memang tidak disarankan untuk bayi baru lahir, sehingga anda pelru memiliki jumlah popok yang cukup banyak, aplaagi jika bayi anda lahir di musim hujan. Setidaknya ibu pelru memiliki 2 sampai dengan 3 lusin popok di rumah.

  1. Perlengkapan steril

Bayi yang bru lahir memang masih sangat rentan dengan segala hal, baik kuman, perubahan suhu dan juga hal- hal yang membuat tubuhnya menjadi tidak sehat. Untuk itu ibu perlu menyiapkan beberapa alat dan juga produk perlengkapan steril di rumah, perlengkapan ini juga sangat bermenfaat ketika akan membersihkan tubuh bayi dan juga menjaga kesterilan pusar bayi yang belum puput. Beberapa diantara perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah kain kasa, tisu basah, tisu biasa, kapas, alkohol. Fungsi dari alkohol ini juga nnatinya untuk mmebersihkan luka pada bagian tali pusar bayi dan tisu basah digunakan untuk membersihkan kotoran bayi.

  1. Perlengkapan mandi

Untuk bayi yang baru lahir memang memiliki jenis kulit yang masih sangat sensitif, untuk itu pemilihan produk perlengkapan nya juga harus anda sesuaikan untuk jenis kulit bayi. Beberapa produknya yang pelru anda persiapkan diantaranya adalah sabun bayi, shampo bayi, handuk bayi, bedak, baby oil, minyak rmabut, minyak telon, bak mandi bayi dan juga lotion kulit untuk bayi.

  1. Kelambu

Kelambu bayi juga perlu ibu persiapkan di rumah, karena dengan memiliki kelambu bisa menjaga bayi untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Seperti kita kethaui, kulit bayi baru lahir itu sangat amat rentan dengan gigitan nyamuk, karena kulitnya masih sangat sensitif sehingga anda perlu menjaganya untuk tidak terkena bentol- bentol.

  1. Botol susu

Untuk bayi baru lahir membeli botol susu memang dirasa tidak terlalu dibutuhkan, tapi hal tersebut tentu saja pemikiran yang salah. Yang namanya bayi tentu belum bisa terlepas dari yang namanya susu,  sehingga selama 24 jam penuh dia membutuhkan ASI dan berdekatan dengan sang ibu, tapi bagaimana dengan ibu pekerja atau ibu yang sedang ada urusan keluar rumah, untuk itu membeli botol asi untuk dijadikan sebagai penyimpanan air susu yang dipompa sangatlah penting. Belilah jenis botol suus yang aman dan BPA free. Lihat juga dari kemasa botol tersebut apakah aman ataukah tidak.

  1. Gendongan bayi

Bayi baru lahir tentu saja masih sangat sering digendong oleh ibu. Meskipun pada jaman dahulu para ibu lebih sering menggunakan gendongan bati, tapi kini sudah banyak jenis produk gendongan bayi yang aman yang lebih modern dan juga variatif. Pilih selendang gendongan yang nyaman dan aman digunakan. Anda juga masih bisa menggunakan jenis gendongan batik yang sampai sekarang memang masih sering digunakan para ibu di rumah karena terasa lebih aman dan nyaman.

  1. Stroler

Stroler merupakan slaah satu perlengkapan yang sebenarnya amsih bisa anda beli ketika bayi masuk usia 2 sampai 3 bulan. Tapi memang tidak ada salahnya mempersiapkan nya sedari dini. Pilihlah jenis stroler yang aman dan terbuat dari bahan kualitas terbaik. Saat ini memang sangat banyak jenis stroler yang bisa anda beli dan juga pilih, bahkan untuk variasi harganya juga berbeda- beda. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Nah, berikut ulasan emngenai ebberapa perlengkapan bayi yang pelru ibu persiapkan menjelang kelahiran bayi, semoga bermanfaat!