5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Kasus yang belakangan ini tengah menyedot perhatian dunia memang berkaitan dengan virus Corona. Pastinya juga bukan hal yang asing lagi di telinga Anda bukan. Mengingat berbagai media memberitakannya, belum lagi dengan kebijakan-kebijakan baru yang dibuat oleh pemerintah terkait dengan hal tersebut. Pada dasarnya Covid 19 ini memang termasuk dalam virus baru, sehingga belum ditemukan vaksinnya. Hal ini jugalah yang membuat angka kematian yang disebabkan olehnya semakin lama senantiasa mengalami peningkatan.

Bahkan diperkirakan jika seandainya menunggu terbentuknya kekebalan kelompok secara mandiri oleh setiap individu yang terjangkit, maka setidaknya sekitar 16 juta penduduk yang ada di dunia nantinya akan meninggal. Untuk itu para ilmuan masih cukup aktif di dalam menemukan berbagai macam vaksin sampai dengan obat untuk menekan angka masyarakat yang terjangkit. Jika seandainya kita mengikuti aturan yang telah diterapkan, pastinya akan bisa dengan mudah terhindar dari penyakit ini.

Namun juga tidak bisa dipungkiri terkadang tetap ada ketakutan-ketakutan tersendiri bagi masyarakat akan terjangkit Covid 19 ini. Karena faktanya ia juga dapat menular dengan mudah dari beberapa hal sepele yang sering kali kita lakukan, diantaranya adalah:

  1. Kebiasaan sering menyentuh wajah, patut untuk diketahui bahwa sebenarnya virus Corona ini dapat masuk kedalam tubuh melalui mulut, hidung sampai dengan mata. Kebiasaan sering memegang wajah dalam kondisi tangan yang masih kotor, maka akan meningkatkan resiko untuk tertular atau terjangkit virus tersebut. Karena Anda tidak tahu jika seandainya di tangan sebenarnya juga hidup virus ini.
  2. Jarang mencuci tangan menggunakan sabun, kebiasaan mencuci tangan memakai sabun agaknya sudah diajarkan sejak masih kecil. Namun faktanya banyak orang yang menyepelekan hal tersebut atau tidak menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Padahal sebenarnya manfaatnya sangatlah banyak. Sabun dan juga air ini adalah sarana paling efektif di dalam membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit yang menempel di tangan. Sehingga tak hanya Covid 19 saja, melainkan berbagai jenis penyakit lainnya juga dapat dicegah dengan menerapkan hal tersebut.
  3. Tidak menggunakan masker ketika keluar rumah, dalam kondisi genting seperti sekarang ini masker agaknya menjadi benda yang paling mewah. Tak harus masker medis, Anda bisa memakai masker kain saja, sudah cukup untuk menghalau kemungkinan ada droplet dari penderita yang nantinya mengenai Anda dan menyebabkan penyakit ini.
  4. Sering kali menggunakan sarana umum tanpa menjaga jarak dengan yang lainnya, social distancing merupakan salah satu hal penting yang hendaknya diterapkan dalam kondisi semacam ini, jika seandainya Anda sendiri lalai, dengan sering memakai fasilitas umum dan jarang menjaga jarak dengan orang lain, kemungkinan untuk bisa tertular nyatanya juga sangatlah besar.
  5. Tidak menjaga kebersihan sarana dan prasarana yang dipakai sehari-hari, termasuk diantaranya adalah kebersihan pakaian yang digunakan, padahal Anda pakai untuk kegiatan di luar ruangan yang mana berkumpul dengan banyak orang. Hal semacam ini hanya akan meningkatkan resiko penularan penyakit tersebut, karena Corona ini bisa saja menempel pada pakaian yang Anda kenakan tersebut.

Itulah diantaranya beberapa hal sepele yang bisa meningkatkan resiko terkena virus Corona, untuk itu upayakan untuk menghindarinya. Ikuti aturan yang sudah ditetapkan sehingga Anda dan juga anggota keluarga di rumah tetap sehat. Jika seandainya mulai merasakan gejalanya sebaiknya berobat ke dokter, atau konsultasikan terlebih dahulu secara online lewat aplikasi Halodoc.