5 Nama Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Luar Biasa

  • 2 min read
  • Sep 19, 2021
Rasul Ulul Azmi

Ulul Azmi merupakan gelar khusus bagi rasul pilihan yang memiliki kesabaran dan ketabahan luar biasa. Dari 25 nama nabi dan rasul, hanya ada 5 nama saja yang tergolong rasul Ulul Azmi yaitu Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Dalam Surah Al-Ahzab (33):7 disebutkan bahwa para rasul yang termasuk Ulul Azmi memiliki syariat dalam menyampaikan agama Allah dan juga kitab suci kepada umat manusia.

Berikut dibawah ini 5 nama rasul Ulul Azmi yang dikenal berkat keteguhannya dalam menyebarkan dakwah dan risalah Allah, diantaranya yaitu :

  1. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS terkenal akan kisahnya yang bisa membuat kapal besar yang digunakan untuk menyelamatkan kaumnya yang beriman kepada Allah SWT. Selain kaumnya, Nabi Nuh AS juga membawa serta hewan – hewan dari banjir bah yang dahsyat. Melalui bencana yang diturunkan oleh Allah SWT, membuat orang – orang kafir yang tidak beriman binasa, termasuk juga istri Nabi Nuh AS dan putranya yang durhaka.

  1. Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim AS dikenal akan kisahnya saat ia menghancurkan berhala yang ada di wilayah Namrud. Ia merasa geram dan kesal akibat banyaknya berhala yang disembah di wilayah tersebut.

Selain itu, Raja Namrud yang mengaku – ngaku dapat menghidupkan dan mematikan makhluk. Raja tersebut memerintahkan para tentaranya untuk menghukum Nabi Ibrahim AS dengan cara membakaranya hidup – hidup.

Usai dibakar hidup – hidup, semua orang mengira Nabi Ibrahim AS sudah hancur menjadi abu. Namun, setelah apinya padam, Nabi Ibrahim AS berjalan keluar dari puing – puing bakaran dengan selamat tanpa ada luka bakar sedikitpun.

  1. Nabi Musa AS

Rasul Ulul Azmi selanjutnya adalah Nabi Musa AS yang dikenal dengan kisah kelahirannya di Negeri Mesir pada masa kejayaan Raja Fir’aun. Ia merupakan sosok raja yang sangat kejam dan memiliki aturan jika ada bayi laki – laki yang lahir harus dibunuh.

Namun, Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan pada Nabi Musa AS agar tetap menjalankan perintah-Nya di dunia. Allah SWT memberi Nabi Musa AS mukjizat berupa kemampuan dapat membelah laut merah dengan menggunakan tongkatnya. Tujuan hal tersebut adalah untuk melindungi pengikutnya dari buruan Raja Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan.

Setelah itu, Nabi Musa AS menutup kembali belahan lautan tersebut yang membuat seluruh pasukan Raja Fir’aun tergulung air laut hingga akhirnya mati.

  1. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah keturunan Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim. Penyebutan namanya dalam Al Quran menekankan pada dua aspek, yaitu kemuliaan dan kemanusiannya. Ia disebut – sebut sebagai sosok terkemuka baik di dunia maupun akhirat, didekatkan kepada Allah SWT, saleh, suci, dan diberkahi.

Umat Islam pun diperintahkan untuk mengimani wahyu Allah SWT, baik yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW maupun kepada nabi – nabi lainnya, termasuk Nabi Isa AS, untuk tidak membeda – bedakan para nabi dan berserah diri kepada Allah SWT.

Nabi Isa AS terkenal akan kisahnya yang mampu menghidupkan burung yang dibuatnya dari tanah liat. Selain itu, ia juga bisa menyembuhkan penyakit yang sangat parah sekalipun. Kemampuan tersebut tentunya atas seizin Allah SWT.

  1. Nabi Muhammad SAW

Nabi yang dikenal sebagai nabi akhir zaman ini sedari kecil hingga dewasa merupakan sosok yang jujur, tidak pernah berbohong, dan tidak pernah melakukan maksiat. Baiknya sifat Nabi Muhammad SAW tersebut menjadi tauladan bagi umat manusia sepanjang masa.

Al Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga diberi mukjizat dapat mengerti bahasa binatang seperti Nabi Sulaiman, memerintah bumi dan pohon seperti Nabi Musa, bisa membelah bulan pada masa penyebaran Islam di Mekkah, dan masih banyak lagi.