Alasan Penting Kenapa Anda Harus Beralih ke Aplikasi Payroll

  • 3 min read
  • Dec 07, 2020
Aplikasi Payroll

Proses payroll bukanlah pekerjaan mudah. Seringkali, proses payroll malah menjadi beban pekerjaan yang mungkin memengaruhi banyak bidang. Oleh karena itu, manajemen atau HR perlu mempertimbangkan untuk beralih menggunakan aplikasi payroll.

Permasalahan Payroll

Sistem payroll yang bermasalah memiliki butterfly effect. Meski masalah yang terjadi kecil namun dampaknya besar bagi perusahaan.

Hanya karena salah hitung gaji, Perusahaan bisa mengalami masalah keuangan. Bukan hanya itu saja, jika kesalahannya bisa diatasi sekali pun, nantinya akan berdampak pada pekerjaan karyawan.

Berikut masalah-masalah yang sering terjadi pada proses payroll;

  • Salah hitung gaji berdasarkan jabatan dan fungsi
  • Salah hitung gaji karena salah perhitungan pada potongan pajak dan potongan-potongan lainnya
  • Lupa Membayarkan pajak karyawan
  • Sinkronisasi data antara rekap absensi dengan sistem perhitungan
  • Data yang rusak atau hilang
  • Tidak adanya red desk untuk komplain gaji yang menyebabkan karyawan tidak bahagia bekerja untuk Anda
  • Tidak adanya manajemen bonus dan benefit karyawan
  • Keterlambatan pembayaran gaji
  • Penyalahgunaan wewenang saat perhitungan gaji.

Dan masalah-masalah lainnya baik yang bersifat mayor maupun minor. Tentu jika dibiarkan berlama-lama, dampaknya akan seperti snowball yang parahnya bisa membuat perusahaan mengalami banyak masalah hingga gulung tikar.

Oleh karena itu, di era digital seperti ini sudah menjadi keharusan bagi perusahaan yang sedang berkembang mengandalkan teknologi seperti aplikasi payroll.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Payroll

Nah, apa saja sebenarnya manfaat menggunakan aplikasi payroll? Berikut manfaat yang Anda rasakan apabila beralih menggunakan aplikasi payroll untuk tata kelola penggajian.

Lebih Efisien dari Segi Waktu dan Biaya

Biasanya pada proses penggajian konvensional, karyawan HR bisa melakukan waktu seharian hanya untuk melakukan pekerjaan rutin. Selain itu, di tiap waktu mendekati pembayaran gaji, karyawan HR disibukkan dengan data gaji.

Berbeda jika Anda mengandalkan software payroll di mana proses input data dilakukan secara otomatis. Proses pengolahan data pun bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Karyawan HR juga tidak perlu lagi dibuat sibuk pada saat mendekati waktu pembayaran gaji. Karena data diolah secara real-time, sehingga di akhir bulan, karyawan HR hanya bertugas untuk melakukan pengecekan dan pembayaran gaji.

Lebih Aman

Berbeda dengan sistem konvensional yang rawan terhadap kerusakan atau kehilangan data. Sistem pada aplikasi payroll dapat menjamin keamanan data.

Hal ini karena data terenkripsi dan diolah pada sebuah server internet. Sehingga menyulitkan bagi siapa pun untuk merubah data tanpa ada izin dari yang memiliki otoritas dalam hal ini satu orang karyawan HR yang bertugas mengelola payroll.

Proses yang real-time, juga membuat perusahaan bisa memantau siapa saja yang mengakses dan merubah data sehingga kecil kemungkinan bagi orang-orang yang tidak bertanggung-jawab merubah data pada sistem payroll.

Pemanfaatan Data

Dengan adanya aplikasi payroll, Anda dapat memanfaatkan data yang ada menjadi sebuah value lebih. Misalnya untuk kebutuhan performance review, analisis turnover, atau analisis kebutuhan karyawan di masa mendatang.

Pemanfaatan data menjadi penting di era industri digital terutama dalam rangka meningkatkan performa perusahaan. Nah, data payroll ini akan berguna bagi perusahaan dalam hal pengembangan SDM perusahaan.

Aksesibilitas

Bukan hanya memudahkan karyawan HR, namun karyawan secara menyeluruh. Dengan aplikasi payroll, karyawan bisa melihat data gaji yang diterima melalui slip gaji online.

Selain itu, karyawan bisa melihat riwayat slip gaji dan melakukan komplain langsung melalui aplikasi. Kemudahan ini memberikan rasa aman dan membangun kepercayaan kepada karyawan.

Lebih Murah

Banyak perusahaan yang memutuskan untuk menambah karyawan baru hanya untuk mempermudah pekerjaan payroll. Padahal jika tidak dilengkapi dengan tools aplikasi payroll, menambah karyawan pun menjadi hal yang sia-sia.

Bukan berarti mempekerjakan orang lain adalah salah. Namun Anda perlu melihat apa yang sebenarnya menjadi masalah pada sistem payroll Anda.

JIka yang menjadi masalah adalah proses operasional maka lebih baik membeli aplikasi payroll yang lebih murah.

Namun jika yang menjadi masalah adalah pekerjaan strategis dan sistem operasional sudah baik, mempekerjakan karyawan baru adalah pilihan yang lebih baik.

Pastikan Anda memilih aplikasi payroll terbaik yang memiliki after sales yang baik pula. Salah satunya adalah Talenta. Aplikasi payroll Talenta bukan hanya memberikan kemudahan perhitungan gaji, namun juga tata kelola absensi.