Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee yang Ditolak Penjual

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee

Di zaman yang semuanya sudah serba canggih dan modern ini tentunya kita sudah sangat dimudahkan apabila berbelanja menggunakan aplikasi martkeplace yang sangat populer sampai saat ini, yang tak lain yaitu shopee.

Untuk membeli suatu barang kita hanya tinggal mengetikkan kata kuncinya saja pada kotak pencarian lalu memilih barang yang diinginkan dan kemudian kita langsung membayarnya. Bahkan metode pembayarannya pun juga sudah sangat beragam yaitu bisa melalui cod, transfer bank, bahkan melalui indomaret dan juga alfamart.

Tetapi jika ternyata suatu hari anda ingin membatalkan pesanan yang sudah terlanjur anda beli di shopee maka tidak ada salahnya juga. Sebab shopee sendiri sudah mengatur proses pembatalannya dengan baik.

Pada dasarnya ada 2 jenis pembatalan yang ada di Marketplace shopee yaitu secara instan dan juga non instan. Nah untuk lebih jelasnya lagi simak artikel yang sudah dibahas oleh Blog Rapikan ya!

  1. Metode pembatalan di shopee secara instan

Untuk metode yang pertama ini nantinya anda tidak harus menunggu persetujuan dari penjual terlebih dahulu untuk mengajukan pesanan yang akan anda batalkan di aplikasi shopee.

Biasanya pembatalan di shopee secara instan ini akan memakan waktu kurang lebih maksimal selama 1 jam lamanya sesudah pembayaran diverifikasi. Selain itu sebelum penjual menerima request pick up maupun menginput nomor resi.

  1. Metode Pembatalan di shopee secara non instan

Nah, untuk metode yang ke dua ini anda harus menunggu persetujuan dari penjual apabila pembatalan sudah dilakukan setelah satu jam pembayaran terverifikasi maupun penjual sudah request pick up hingga menginput nomor resi. Setelah pembatalan disetujui seller maka uang pun akan dikembalikan.

Untuk cara membatalkan pesanan yang sudah terlanjur dibayar sendiri langkahnya sangat mudah. Pada dasarnya ada 3 metode yang bisa anda lakukan untuk melakukan pembatalan pesanan tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Tanpa persetujuan penjual

Terlebih dahulu anda harus membuka aplikasi shopee. Jika sudah klik menu saya kemudian pilih pesanan saya lalu klik dikemas. Nah, lihat di bagian paling bawah. Nantinya akan pilihan batalkan pesanan. Anda bisa mengekliknya secara langsung.

Setelah itu anda tinggal mengisi apa alasan anda mengajukan pembatalan tersebut lalu jika sudah anda tinggal mengeklik ajukan pembatalan pesanan. Nantinya anda akan diminta untuk konfirmasi. Selesai, pesanan tersebut akan secara otomatis dibatalkan oleh sistem shopee tanpa menunggu persetujuan dari seller. Tapi ingat syarat yang di atas ya!

  1. Dengan persetujuan penjual

Jika pesanan anda sudah dinput resi oleh pihak shopee dan sudah lewat dari satu jam sehabis membuat pesanan maka itu tandanya anda harus meminta persetujuan dari seller apabila ingin membatalkan pesanan.

Caranya sendiri sangat mudah karena sama persis dengan langkah sebelumnya. Di mana anda hanya perlu mengikuti cara pembatalan pesanan tanpa persetujuan penjual yang telah dijabarkan di atas tadi. Apabila penjual menyetujui itu tandanya pembatalan berhasil dilakukan. Jika tidak maka barang akan tetap dikirim pastinya.

  1. Pembatalan metode COD

Lantas bagaimana dengan metode pembelian yang kita lakukan secara cod? Pada dasarnya proses pembatalan pesanan yang dilakukan pun juga sama persis yaitu bisa secara instan dan juga non instan. Simak ulasan di atas lagi ya untuk penjelasannya!

Nah itu dia artikel mengenai cara membatalkan pesanan di shopee yang ditolak penjual. Apabila anda hendak membeli barang pastikan terlebih dahulu bahwa barang yang anda beli tersebut benar ya! Pastinya agar anda tidak terlalu banyak melakukan pembatalan pesanan.