Cara Meredakan Nyeri Haid, Waspadai Nyeri Haid yang Tak Tertahankan dan Bisa Sangat Berbahaya

  • 2 min read
  • Sep 28, 2021
Cara Meredakan Nyeri Haid

Pada dasarnya memang normal bagi wanita pada usia produktif, dimana setiap bulannya mereka akan mengalami menstruasi dan juga merasakan nyeri pada rahimnya tersebut. Mengingat pada fase ini nantinya dinding endometrium rahim memang akan terkelupas secara alami, hal tersebutlah yang kemudian menciptakan rasa nyeri selama beberapa hari pra sampai dengan ketika menstruasi datang. Namun juga tak perlu khawatir mengingat tetap ada cara meredakan nyeri haid  tersebut.

Meskipun nyeri tersebut adalah hal yang normal terjadi, namun terkadang juga ada beberapa kondisi yang membuat rasa nyeri bisa dikatakan tidak normal, seperti diantaranya ketika nyeri tak tertahankan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, ditambah lagi dengan disertai beberapa gejala lain layaknya insomnia dan sejenisnya. Hal semacam ini bisa jadi gejala dari penyakit berbahaya, berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Endometriosis, kondisi kesehatan yang dialami ketika terjadi penebalan lapisan pada dinding endometrium yang justru tumbuh di luarnya, seperti diantaranya adalah pada indung telur, usus sampai dengan tuba falopi.
  2. Radang panggul, peradangan yang terjadi pada area panggul juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, apalagi ketika Anda sedang mengalami menstruasi. Biasanya hal ini memang terjadi pada organ reproduksi kaum hawa.
  3. Adenomiosis, ini adalah sebuah kondisi ketika lapisan permukaan pada rahim atau endometrium tersebut tumbuh di dalam dinding otot rahim. Padahal sebenarnya hanya melapisi permukaan otot rahim.
  4. Miom, ini adalah tumor yang tumbuh pada dinding rahim, namun sifatnya jinak atau tidak bersifat kanker.
  5. Efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi tertentu.

Lalu bagaimanakah cara meredakan nyeri haid yang normal, berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

  1. Kompres menggunakan air hangat, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres area tersebut memakai air hangat, diantaranya pada bagian perut bawah yang tengah mengalami kram atau sakit tersebut.
  2. Olahraga, memperbanyak aktivitas fisik juga dapat mengatasi kondisi tersebut, yaitu dengan jalan berolahraga secara teratur, sehingga nantinya tubuh akan terbiasa, lakukan juga olahraga ringan selama masa menstruasi Anda.
  3. Relaksasi, beberapa langkah atau cara relaksasi juga dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri ketika sedang haid, seperti diantaranya adalah dengan melakukan yoga, meditasi hingga latihan pernapasan.
  4. Batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, juga minuman beralkohol serta kafein, karena nyatanya zat-zat tersebut memang akan memperparah kondisinya.
  5. Banyak minum air putih, mencukupi asupan cairan pada tubuh juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, sehingga nantinya dapat terhindar dari dehidrasi, karena ketika tubuh kekurangan cairan maka akan memperparah kondisinya.
  6. Konsumsi teh herbal, beberapa jenis teh herbal juga sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut seperti diantaranya adalah chamomile dan juga jahe.

Itulah diantaranya beberapa cara meredakan nyeri haid yang dapat Anda coba terapkan. Jika seandainya tak kunjung mereda justru semakin parah maka bisa dikonsultasikan ke dokter. Ada juga bahan herbal yang diramu secara khusus untuk mengatasi kondisi Anda tersebut, diantaranya adalah dari Herbana. Jangan khawatir karena pada dasarnya semua produk dari Herbana tersebut diramu dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga pastinya sangat aman untuk digunakan. Tentunya tak akan menyebabkan efek samping semacam ketergantungan, konsumsi sesuai dengan aturan yang diberikan.