Cari Investasi untuk Jangka Panjang? Obligasi Saja!

  • 2 min read
  • Jul 29, 2020
Cari Investasi untuk Jangka Panjang Obligasi Saja

Kalau kamu sedang mencari jenis investasi yang sesuai dengan tujuan finansial jangka panjang, maka kamu sudah ada di tempat yang tepat. Kali ini, kita akan membahas segala sesuatu yang perlu kamu ketahui tentang investasi obligasi, yang merupakan salah satu pilihan terbaik dan teraman.

Pasti timbul pertanyaan, kenapa obligasi disebut cocok untuk tujuan jangka panjang? Jawabannya adalah karena tingkat suku bunga obligasi ditentukan oleh lamanya masa berlaku dari obligasi tersebut. Semakin lama masa berlakunya, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Salah satu tempat di mana kamu bisa membeli obligasi dengan aman dan terpercaya adalah di digibank by DBS. Proses pembelian obligasi online yang sangat mudah pasti akan bikin kamu merasa nyaman karena nggak perlu repot-repot bepergian untuk mengurus transaksi obligasi.

Selain itu, margin yang ditawarkan juga kompetitif dengan pilihan varian produk yang lengkap. Dan yang lebih asyiknya lagi, kamu nggak perlu menunggu sampai kamu memiliki modal investasi yang besar untuk terjun ke pasar obligasi, karena kamu bisa mulai membeli obligasi mulai dari Rp 1 juta saja! Apalagi, kamu juga bisa menikmati keuntungan berupa kupon yang dibayarkan setiap bulannya. Dengan demikian, kamu tidak usah menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati hasilnya.

Jadi, kamu cukup memiliki smartphone yang berisi aplikasi digibank by DBS serta jaringan internet, maka kamu sudah siap deh untuk berinvestasi obligasi.

Cara transaksi di aplikasi digibank by DBS juga gampang sekali kok. Yuk kita lihat cara-caranya.

Cara Registrasi SID

SID adalah Single Investor IDentification, yang merupakan nomor identifikasi yang diterbitkan oleh KSEI untuk mengidentifikasi customer sebelum melakukan transaksi di pasar modal.

Kamu bisa melakukan request di aplikasi digibank by DBS. Yang pertama, kamu harus melakukan registrasi SID. Lalu digi akan melakukan SID request file 3x dalam 1 hari.

Setelah itu, CBG Treasury Support + Custody + CBO UT melakukan SID creation, dan hasil final lalu di upload ke Finacle. Nah, setelah melalui Finacle batch, SID akan dikirim ke digi, dan digi akan melakukan batch agar SID bisa digunakan oleh kamu.

Cara melakukan pembelian obligasi

  • Login dan masuk ke halaman pembelian obligasi SBN. Kalau sudah, pilihlah salah satu produk obligasi (SBN) pasar sekunder.
  • Kamu dapat melihat detail informasi produk dan mengisi nominal pembelian. Setelah itu, sistem yang akan menghitung total dana yang dibutuhkan.
  • Aplikasi digibank by DBS akan menampilkan halaman konfirmasi. Kamu lalu bisa melanjutkan dengan menyetujui syarat dan ketentuan, serta memasukkan password untuk konfirmasi dan verifikasi otentikasi.
  • Setelah settlement, portofolio kamu akan bertambah. Kamu juga dapat melihat transaksi yang dilakukan di bagian “History Transaksi”.

Cara melakukan penjualan obligasi

  • Alur transaksi penjualan sama dengan saat kamu beli obligasi, hanya dimulai dari laman portofolio. Kamu bisa memilih produk yang akan dijual, lalu dilanjutkan dengan memasukkan nominal penjualan.
  • Aplikasi digibank by DBS menampilkan halaman konfirmasi, lalu kamu melanjutkan dengan menyetujui syarat dan ketentuan sambil memasukkan password untuk konfirmasi dan verifikasi otentikasi.

Bagaimana, simple sekali kan? Jadi, hanya dengan 1 aplikasi saja kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi untuk kebutuhan investasi obligasimu. Untuk informasi yang lebih jelas, kamu bisa mengunjungi laman ini dan jangan lupa untuk follow akun instagram @dbsbankid untuk mendapatkan informasi terbaru seputar digibank by DBS.