EPUB: Format Buku Digital Masa Depan

  • Wikimu
  • Jun 18, 2022

Berbicara tentang perkembangan ilmu pengetahuan tentu tak lepas dari peranan buku. Meski teknologi sudah berkembang pesat, buku tetap saja mengambil peranan penting. Hadirnya perangkat teknologi seperti komputer atau gadget tidak lantas menggusur buku. Meski secara fisik buku dan penerbitan tercetak mengalami dampak yang besar dengan adanya teknologi digital, buku tetap saja menunjukkan eksistensinya. Meski tidak hadir secara fisik kini buku mulai beralih ke dalam bentuk digital atau dikenal sebagai ebook (electronic book). Alternatif aplikasi buku digital format epub cukup menarik mengingat keberadaanya secara digital memungkinkan untuk membuat dan menyebarkan buku dengan murah dan cepat.

Saat ini kita mengenal banyak buku yang tidak hanya hadir dalam bentuk cetak tapi juga dalam bentuk digital, yang dapat dicetak maupun dibaca menggunakan perangkat digital. Kita mengenal beberapa format buku digital yang sudah cukup luas digunakan, misalnya PDF, PS, DJVU, dll. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai format EPUB dan kelebihannya dibanding format lain.

Buku Digital Format EPUB

EPUB merupakan pengambangan dari standar OpenBook, pertama kali dikenalkan pada 1996. Pada Septermber 2007, IDPF (International Digital Publishing Forum) yang merupakan forum perusahaan-perusahan yang bergerak dalam publikasi digital, mengumumkan bahwa EPUB menjadi official standard.

Standar Terbuka

EPUB merupakan sebuah standar terbuka (open standard). Format dari EPUB menggunakan XML, dan khususnya XHTML yang merupakan format yang sudah cukup banyak digunakan di Internet. Dengan standar terbuka ini memungkinankan adanya banyak pihak yang dapat mengembangkan aplikasi pembaca (reader), aplikasi untuk pembuatan (development) maupun aplikasi bantu lain. Saat ini sudah cukup banyak aplikasi pembaca EPUB dalam berbagai platform dari desktop PC sampai perangkat mobile.

Selain itu juga memungkinkan pengembangan piranti baca yang memang didisain sebagi piranti baca buku digital. Beberapa contoh aplikasi pembaca EPUB yang berjalan pada desktop PC misalnya Adobe Digital Edition, Azardi, Sumatera PDF, dll. Untuk versi mobile diantaranya iBook Reader, Gitden Reader, Ideal Reader, Lektz, MediaBook, Albite, dll. Meski tersedia cukup banyak aplikasi, tidak semua aplikasi tersebut mendukung standar EPUB secara penuh. Misalnya, tidak semua aplikasi yang ada ini mendukung konten multimedia atau Javascript.

Tampilan Dinamis

Umumnya buku digital versi awal menganut tata letak fixed-layout, yakni tata letak yang sudah
baku dan tak dapat diubah, tampilannya persis seperti jika buku tersebut dicetak . Buku digital
seperti ini dapat dikatakan sebagai salinan digital dari buku cetak.

Berbeda dengan PDF dan beberapa format fixed-layout lain, EPUB dirancang sejak awal sebagai buku digital, bukan untuk kepentingan cetak. EPUB memiliki karakter dokumen elektronik yang bersifat dinamis yaitu reflowable text.

Related Post :