Inilah 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Memilih Tempat Gadai Sertifikat Tanah

  • 2 min read
  • Oct 13, 2020
Tempat Gadai Sertifikat Tanah

Kebutuhan uang yang mendesak memang membuat sebagian orang memilih jalan pintas yaitu dengan mengajukan pinjaman kepada bank. Hanya saja memang dalam prosesnya ada banyak sekali syarat-syarat yang memang harus dipenuhi jika seandainya Anda ingin ambil pinjaman semacam ini. hanya saja belum tentu semua syarat yang diminta oleh perusahaan tersebut juga dapat Anda penuhi. Apalagi untuk pinjaman berbasis KTA atau kredit tanpa agunan, meskipun pihak bank sendiri tidak meminta calon nasabah menyertakan adanya agunan, namun syarat lain mulai dari pekerjaan sampai dengan gaji terkesan begitu berat.

Tak jarang kemudian yang lebih memilih produk kredit multiguna saja, salah satu diantaranya adalah dengan mendatangi tempat gadai sertifikat tanah. Pada dasarnya pinjaman yang satu ini memang berbasis pinjaman beragunan, dimana ada barang yang dijadikan sebagai jaminan jika seandainya nanti tak sanggup di dalam melunasi hutang tersebut. Dari barang yang diagunkan ini nantilah akan diberikan nominal plafon pinjaman, tentunya menyesuaikan dengan penafsiran harga barang yang digadaikan tersebut. Jadi besar kecilnya sesuai dengan harga barang gadai.

Begitu juga untuk sertifikat tanah ini maka akan melihat lokasi properti, luas dan sejenisnya. semakin strategis dan besar tanah tersebut, secara otomatis tafsiran nilainya juga jadi semakin mahal. namun agaknya ada beberapa jenis kesalahan yang patutnya Anda hindari jika seandainya ingin memilih tempat untuk menggadaikan barang berharga tersebut, diantaranya adalah:

  1. Terlalu terburu-buru, banyak orang yang saking butuhnya dana cepat, maka terburu-buru dalam menjatuhkan pilihan akan gadai barang kemana, tanpa memperhitungkan konsekuensinya terlebih dahulu. Dalam kondisi terburu-buru ini maka pikiran Anda tidak akan bisa bekerja secara optimal dalam mempertimbangkan apakah lembaga pembiayaan tersebut aman ataukah tidak, terpercaya ataukah tidak.
  2. Tidak membanding-bandingkan terlebih dahulu, kesalahan yang lainnya adalah ketika calon debitur hanya terpaku pada satu lembaga pembiayaan saja, tidak membandingkan dengan yang lainnya. ini tentunya sangat berbahaya karena bisa saja kedepannya menyesal, mengingat ternyata ada tempat gadai lain yang memberikan bunga lebih kecil ditambah dengan penafsiran harga barang yang lebih tinggi.
  3. Tidak cermat di dalam membaca syarat dan ketentuan, ketika Anda terburu-buru bahkan tidak membaca syarat dan juga ketentuan yang diberlakukan oleh pihak gadai ini dampaknya juga sangat fatal. Karena bisa jadi yang menjadi syarat maupun ketentuan mereka sebenarnya merugikan Anda.
  4. Mengabaikan rekomendasi dari orang lain, khususnya adalah yang sudah berpengalaman di dalam menggunakan layanan gadai ini. padahal sebenarnya mereka lebih mengetahui mengenai manakah diantara tempat gadai barang yang terpercaya dan juga tidak dibandingkan dengan Anda yang masih pemula.
  5. Tidak menanyakan seluk beluk mengenai biaya-biaya tambahan dalam proses gadai tersebut, mengingat faktanya tidak semua lembaga gadai ini transparan masalah biaya yang mereka terapkan, selain uang bunga maka masih ada diantara biaya lain yang menyertainya, apalagi jika seandainya telat membayar, maka sudah pasti nantinya akan dikenai dengan denda dan terkadang nominalnya tidak ikut dicantumkan.

Setidaknya hindari 5 kesalahan di dalam memilih tempat gadai sertifikat tanah. Karena bagaimanapun barang gadaian Anda tersebut yang nantinya akan dijadikan sebagai taruhan. Karena jika salah dalam memilih kemungkinan besar akan memberikan masalah di masa mendatang, hingga barang jaminan yang akan disita oleh pihak pegadaian. Tentunya tak ingin hal ini sampai terjadi bukan.