Dokter mempunyai banyak spesialis yang bisa diambil sehingga nantinya bisa menjadi dokter spesialis. Berbagai dokter spesialis tersebut misalnya dokter spesialis kulit, dokter spesialis anak, dokter spesialis hewan, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis bedah, dokter spesialis bedah kecantikan, dan juga lainnya. Salah satu dokter spesialis yang juga dikenal adalah spesialis telinga hidung tenggorokan (THT). Dokter ini merupakan dokter yang mempelajari dan mempunyai pengetahuan mengenai penyakit yang berkaitan dengan bagian telinga, hidung, dan juga tenggorokan. Selain itu dokter spesialis THT juga akan dapat untuk mengatasi masalah yang ada di kepala dan leher.

Dokter THT mempunyai pengetahuan dan juga pengalaman untuk menangani berbagai permasalah penyakit. Mulai dari cara pencegahan, melakukan diagnosis, dan juga melakukan pengobatan yang tepat untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah THT. Sehingga bagi Anda yang mengalami masalah di bagian telinga, hidung, dan juga tenggorokan baik pada usia bayi hingga dewasa dapat untuk melakukan pemeriksaan lebih efektif di dokter THT terdekat.

Ketika akan memilih dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) sendiri ada beberapa cara yang bisa digunakan agar mendapatkan dokter yang terbaik:

  1. Pertimbangan pertama adalah dengan memilih dokter yang mempunyai kualitas yang baik. Dokter tersebut mempunyai layanan yang terbaik dan sudah dibuktikan oleh banyak pihak. Oleh karena itulah ketika akan memilih dokter THT bisa untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada keluarga, teman, ataupun juga kerabat yang pernah periksa di dokter THT.
  2. Pertimbangan selanjutnya adalah bisa untuk memilih dokter THT yang ada di rumah sakit atau memilih dokter yang mempunyai klinik sendiri. Hal tersebut akan bisa untuk fleksibel lebih mengatur jadwal pemeriksaan dan bertemu dokter.
  3. Pertimbangan lainnya adalah mengenai tarif dokter untuk pemeriksaan dan lainnya. Pastikan dokter yang mempunyai tarif sesuai dengan budget yang Anda siapkan.

Sehingga dengan pertimbangan tersebut Anda akan bisa mendapatkan dokter THT yang terbaik. Dokter THT bisa untuk memeriksa berbagai penyakit yang merupakan gangguan pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Adapun untuk penyakit yang dapat ditangani oleh dokter THT adalah:

  1. Penyakit gangguan telinga yang meliputi infeksi, tumor atau kanker yang ada di bagian telinga, telinga berdengung, dan juga kehilangan pendengaran sementara.
  2. Penyakit gangguan hidung yang dialami seperti alergi, sinusitis, cidera hidung, hidung tersumbat, dan juga tumor dan kanker di hidung.
  3. Gangguan tenggorokan seperti suara terganggu, sulit menelan, hingga kelenjar adenoid.
  4. Gangguan tidur yang biasanya disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan.
  5. Gangguan yang ada di bagian leher dan juga kepala.

Biasanya ketika melakukan pemeriksaan, dokter THT akan mengambil langkah pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang diderita pasien. Untuk langkah pengobatan THT adalah:

  1. Pemeriksaan audiometri.
  2. Prosedur oesophagoscopy.
  3. Operasi sinur dengan endeskopi.
  4. Melakukan tonsilektomi.
  5. Melakukan operasi septoplasti.
  6. Prosedur trakeostomi.
  7. Operasi tympanomasstoidektomi.
  8. Operasi tumor yang ada di leher.

Sehingga dengan langkah yang tepat maka dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) dapat untuk membantu penyembuhan penyakit dengan cepat dan optimal. Adapun bagi Anda yang akan ke dokter THT bisa dilakukan apabila sudah timbul gejala seperti berikut ini:

  1. Gejala awal seperti hidung tersumbat yang membuat penciuman terganggu.
  2. Mengalami telinga yang berdengung hingga membuat pendengaran terganggu.
  3. Mengalami kesulitan menelan.
  4. Ketika tidur mendengkur hingga sering yang sudah mengganggu.