Kenali Sumber Air Minum Untuk Kebaikan Tubuh

  • 3 min read
  • Aug 05, 2020
Sumber Air Minum

Kenyataan akan air putih untuk tubuh rupanya cukup menarik untuk dibahas, karena memang setiap harinya, manusia membutuhkan air untuk tubuh mendapat asupan air yang cukup agar terhidrasi dengan baik. Karena apabila tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, tubuh akan memberikan reaksi yang akan membahayakan. Karena itu, air putih bukan hanya berfungsi hanya untuk melepas dahaga namun juga untuk menentukan kualitas kesehatan tubuh.

Selain itu juga, tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Hampir diseluruh bagian organ tubuh manusia terdapat unsur airnya, tanpa terkecuali pada bagian otak. Karena itulah minum air putih akan melancarkan seluruh kerja organ tubuh. Ada banyak fungsi air bagi tubuh. Diantaranya air berperan sebagai pelarut ataupun pelumas agar tubuh mudah bergerak. Air juga berfungsi mengatur suhu tubuh dan menyokong ketersediaan mineral dan elektrolit tubuh.

Karena itu, Anda harus mengenali sumber air minum yang baik untuk Anda. Berikut beberapa sumber air minum yang bisa digunakan untuk asupan tubuh manusia[1] :

  1. Air Kran atau Air Ledeng

Air keran merupakan jenis sumber air yang keluar dari saluran kran air dirumah Anda. Beberapa negara besar baik negara berkembang maupun negara maju mayoritas air kran tersebut dipasok oleh otoritas pemerintah setempat namun pastinya air tersebut sudah siap untuk diolah bahkan juga siap untuk dijadikan sumber air minum secara langsung sehingga aman untuk tubuh. Namun beberapa penelitian baru-baru ini mengungkapkan kekhawatiran karena ada hasil penelitian selama 5 tahun dengan melihat kualitas air keran di Amerika Serikat bahwa air keran yang dipasok ke 50 negara bagian mengandung lebih dari 500 kontaminan berbeda.

  1. Air Hidrogen

Air hidrogen merupakan air yang mengandung molekul hidrogen yang bertindak sebagai antioksidan kuat, dimana manfaat utamanya ialah membantu tubuh Anda menetralisir radikal bebas berbahaya yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit, mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan dini. Namun untuk mendapatkan air dari sumber air minum yang mengandung hidrogen ini, Anda harus mengocek kantong Anda lebih dalam karena untuk mendapatkan sumber air minum yang mengandung hidrogen ini lebih mahal daripada sumber air minum lainnya.

  1. Air Alkali

Sumber air minum selanjutnya adalah air yang mengandung Alkali yang memiliki tingkat pH diatas 8 yang berarti lebih tinggi dari pH air biasa. Beberapa penelitian memang mengukapkan bahwa diet alkali umumnya baik untuk kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi. Namun sisi sebaliknya adalah, terlalu sering minum air dengan sumber air minum alkali akan kekurangan mineral serta nutrisi karena sumber air minum alkali ini rendah mineral serta nutrisi.

  1. Air Minum Dalam Kemasan

Air botolan atau air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air yang dimurnikan yang sangat mudah Anda dapatkan saat merasa dahaga. Mayoritas air minum dalam kemasan juga menggunakan sumber mata air pegunungan yang mengandung banyak manfaat mineral di dalamnya seperti AQUA yang telah banyak menjadi sumber air minum untuk sebagian besar keluarga Indonesia.

AQUA sendiri telah menggunakan sumber mata air pegunungan karena memiliki banyak manfaat dari kandungan mineral di dalamnya. Dan saat ini, AQUA telah memiliki 17 sumber air minum yang berasal dari mata air pegunungan dimana sudah tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Sebelum menjadi sumber air minum AQUA, suatu mata air pegunungan itu terlebih dahulu diteliti selama satu tahun oleh para ahli geologi dan geohidrologi yang juga mendapat dukungan dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia sehingga menghasilkan dasar-dasar untuk menjadi syarat utama sumber air minum AQUA yang berkualitas[2].

Selain itu juga AQUA selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan salah satunya mengurangi sampah plastik yang juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BBWS Ciliwung – Cisadane, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, dan Dinas Lingkungan Hidup Pemda DKI Jakarta sejak beberapa bulan lalu melakukan riset akan karakteristik sampah plastik di sungai terlebih jika memberikan efek pada sumber air minum berkualitas seperti AQUA[3].

Karena itu sebagai sumber air minum berkualitas, AQUA selalu mengajak masyarakat untuk bijak berplastik dalam mengelola sampah plastik sehingga tidak mengganggu sumber air minum berkualitas yang Anda konsumsi.

Jadi, sudahkah Anda #bijakberplastik?

Referensi :

  1. https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01296192/6-jenis-air-minum-mana-yang-terbaik-423126?page=all
  2. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik
  3. https://aqualestari.aqua.co.id/article/single/riset-gabungan-bersama-pemerintah-indonesia-dan-danone-aqua/