Bayi yang dilahirkan tidak semuanya normal melainkan banyak yang terlahir menderita alergi atau dalam perkembangannya terkena alergi. Diantara banyaknya jenis alergi yang paling sering dialami ialah alergi pada susu sapi. Menurut Cek Alergi, alergi ini tidak serta merta terjadi begitu saja melainkan karena sebab tertentu. Lantas apa penyebab anak alergi susu sapi?

Penyebab anak alergi susu sapi

Anak yang alergi susu sapi merupakan masalah yang harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan anak membutuhkan nutrisi lebih untuk tumbuh kembangnya yang optimal. Anak yang alergi pada susu sapi pada dasarnya karena tubuhnya tidak mampu menerima kandungan seperti kasein di dalam tubuhnya. Sehingga tubuh anak pun mengeluarkan reaksi berupa munculnya gejala-gejala. Gejala anak yang alergi susu sapi diantaranya adalah kesulitan bernafas, batuk yang tak kunjung sembuh, mual, diare berkepanjanga, munculnya benjolan di kulit, hingga tak sadarkan diri.

Penanganan anak yang alergi susu sapi

Anak yang sudah diketahui menderita alergi susu sapi sesegera mungkin lakukan tindakan diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemberian ASI ekslusif

Ketika anak masih berusia kurang dari 6 bulan maka langkah yang tepat untuk penanganan terhadap alergi susu sapi adalah dengan memberikan ASI secara ekslusif. ASI merupakan nutrisi utama yang baik untuk sistem imun anak. ASI ini sangat direkomendasikan mengingat kandungan yang ada di dalam ASI sangat dibutuhkan oleh anak.

  1. Memberikan makanan sehat untuk anak

Anak yang alergi susu sapi membutuhkan nutrisi lebih sehingga untuk mensiasatinya berikan makanan padat dengan gizi seimbang untuk anak usia di atas 6 bulan.

Memilih susu formula yang tepat untuk anak alergi susu sapi

Anak yang alergi susu sapi bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi susu formula. Susu formula merupakan nutrisi tambahan yang sangat direkomendasikan sebagai pelengkap gizi anak. Anak yang alergi susu sapi merupakan anak yang tubuhnya tidak bisa menerima beberapa protein susu sapi. Namun, bagaimana cara memilih susu formula yang tepat untuk anak yang alergi susu sapi?

  1. Pilih susu formula yang berbahan dasar kedelai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan memilih susu formula yang berbahan dasar kedelai atau soya. Kedelai ini merupakan pilihan alternatif lantaran memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan susu sapi bahkan lebih.

  1. Susu formula yang memiliki kandungan asam amino

Cara kedua adalah dengan memilih susu formula yang mana didalamya mengandung asam amino. Asam amino merupakan protein dengan bentuk paling sederhana. Asam amino yang ada di dalam susu formula dinilai tidak akan memicu alergi pada anak karena pada dasarnya semua anak bisa menerima susu formula yang memiliki kandungan asam amino.

  1. Susu formula yang dihidrolisis

Cara ketiga yang bisa dipilih adalah dengan memberikan susu formula yang dihidrolisis. Proses hidrolisis ini ada dua yakni hidrolisis sebagian dan hidrolisis keseluruhan. Kebanyakan anak yang alergi susu sapi cenderung lebih cocok dengan susu formula yang dihidrolisis secara keseluruhan.

Memilih susu formula sesuai dengan kriteria di atas bukanlah hal yang sulit. Kini telah hadir susu formula pilihan para Bunda serta anak Indonesia yakni susu Morinaga. Morinaga memproduksi produk susu unggulan dengan varian usia dan rasa. Khusus untuk anak yang alergi susu sapi bisa menikmati Morinaga Soya yang memiliki kandungan protein kedelai yang tinggi.

Di dalam Morinaga Soya ini terdapat L-Metionin, Karmitin, Asam Amino Esensial, kalsium, serta vitamin D yang baik untuk tumbung kembang anak yang optimal. Selain itu, Morinaga juga mampu untuk memperkuat pertahanan tubuh ganda anak sehingga anak pun bisa aktif dan tidak mudah jatuh sakit.