Buah kesemek juga sering disebut “Apel Jawa” karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa termasuk di Jawa Barat ini. Ada juga orang yang menyebutnya dengan nama buah genit karena kulit dari bibit buah atau buah kesemek seperti mendapatkan taburan warna yang putih kaya diberi bedak.

Selain bisa dikonsumsi langsung, buah ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah ini:

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila mengkonsumsi buah ini secara teratur, maka manfaat buah ini bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan ini, buah kesemek bertindak sebagai penghalang dari infeksi paru-paru, asma dan flu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini ternyata hanya mempunyai lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak mengandung lemak di dalamnya. Inilah alasannya kenapa buah kesemek dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat gemuk.

Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Dalam buah ini terdapat kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga pada gilirannya bisa membantu dalam produksi sel darah merah. Buah kesemek sangat baik untuk di konsumsi bagi penderita anemia.

Meningkatkan Stamina dan Energi

Agar terhindar dari stress dan kelelahan, mengonsumsi segelas jus kesemek merupakan pilihan yang tepat, karena bisa meningkatkan stamina dan energi untuk melakukan aktivitas keseharian Kamu.

Sebagai Sumber Phytochemicals

Buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik, yang mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya.

Anti-Haemorrhoid Alami

Buah ini diketahui telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala, karena buah ini mempunyai sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir.

Membantu Menjaga Fungsi Hati

Dengan mengonsumsi buah ini bisa membantu menjaga dan menyehatkan hati Kamu. Karena buah kesemek kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Antioksidan juga mampu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel.

Membantu Melawan Kanker

Dengan mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini bisa membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena mempunyai banyak kandungan vitamin A.

Mencegah Penyakit Menular

Buah kesemek merupakan sumber antioksidan, fitokimia, polifenol, dan katekin. Zat-zat tersebut mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga mencegah serangan penyakit menular. Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk menikmati buah ini, yaitu dengan memakannya secara langsung atau menjadikannya jus.

Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Buah ini banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram, jadi buah kesemek bisa meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Jadi, bagi Kamu yang mempunyai masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.

Sebagai Obat Alami Masalah Cegukan

Cegukan adalah kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma dan biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Pasti Kamu pernah mengalami cegukan, kan? Praktisi medis China meyakini bahwa buah kesemek bisa mengatasi masalah cegukan.