Bagi yang tidak mau repot karena sibuk dengan kegiatan, hal lain yang jauh lebih penting, tentu saja tips untuk memiliki service ac mobil tidak berguna karena Lebih baik mempercayai service bengkel ac mobil.

Dalam sistem ac mobil terdiri dari beberapa bagian, peralatan atau komponen yang berfungsi sehingga kita dapat membuat kabin dan membuat udara dingin di dalam kabin mobil.

Tips untuk Inspeksi atau Service Ac Mobil

Berikut ini adalah tips untuk memeriksa, memeriksa atau service AC mobil lengkap terhadap semua komponen mobil.

1. Cara Memeriksa Kondisi Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor ac mobil dibagi menjadi dua komponen utama, yaitu kompresor dan kopling magnetik. Untuk kompresor ac, beberapa titik yang perlu diperiksa adalah pemeriksaan fisik, apakah oli terpasang ke dinding kompresor.

Jika itu berarti ada kebocoran pada kompresor, tetapi juga perlu mencari tahu di mana oli berasal dari kompresor atau dari mesin. Bagian dari kompresor ac yang biasanya menjadi penyebab freon bocor yang bercampur dengan minyak saat pengepakan antara penutup depan dan belakang.

Sambungan pipa ac pada kompresor adalah pipa rendah atau pipa tinggi, reliev valve atau kompresor poros segel. Sementara memeriksa pekerjaan kompresor ac dalam memompa refrigeran dapat dilihat menggunakan manometer pengukur ac mobil.

2. Cara Memeriksa Kopling Magnetik atau Kopling Magnetik

Kopling magnetik pada kompresor ac mobil dioperasikan untuk menghubungkan mesin melalui katrol kompresor. Dalam gambar kompresor ac mobil di atas ada katrol, rakitan berhantu atau bagian tengah dan ada spull di dalam katrol. Sambungan lengkap disebut sebagai assy kopling magnetik atau kopling mobil ac magnetik.

Pemeriksaan magnet kopling yang dapat dilihat secara fisik di jalur perakitan atau bagian tengah tertarik oleh magnet kompilasi langsung. Membahas gerakan ketika terhubung apakah itu terhubung langsung atau tergelincir terlebih dahulu. Suara yang dihubungi juga saat terhubung dapat terdengar keras atau lemah.

3. Pemeriksaan Kondensor AC

Secara fisik memeriksa kondensor ac dapat dilakukan dengan melihat sirip pada kondensor apakah ada minyak ac basah yang menunjukkan kebutuhan kondensor dan memeriksa apakah ada sirip dilenturkan atau zat yang terkait dengan kondensor.

4. Periksa Pipa AC dan Slang Fleksibel

Periksa pipa ac apakah pipa fleksibel atau pipa aluminium bocor atau bahkan berpikir untuk menggosok bagian mobil yang lain, yang bisa menjadi penyebab meningkatnya kebocoran. Periksa atau periksa sambungan pengganti dari kebocoran yang ditandai dengan terlihat basah oleh minyak ac pada sambungan pipa ac.

5. Periksa Receiver Drier

Receiver pengering ini berfungsi untuk memfilter kotoran agar tidak melewati katup ekspansi, untuk ac mobil dengan jenis pengering penerima yang terpisah dari kondensor yang dilengkapi dengan penglihatan kaca dan sakelar tekanan.

6. Pemeriksaan Ekspansi Katup

Untuk ekspansi dari Valve atau expansion valve di mobil yang disediakan oleh beberapa tipse, tipse ekspansi valve yang bisa kita periksa kondisinya dari luar adalah expansion valve yang berbentuk kotak.

Untuk penerima tipse terpisah dengan kondensor tipse T atau tipse L terbesar, periksa juga dari oli bekas di sekitar sambungan IN dan OUT. Karena pada bagian ini sering juga terjadi oli freon atau minyak ac karena sil yang mengeras atau pipa sambungan ac terhubung kurang keras.