Berbagai klinik kecantikan berupaya menawarkan perawatan terbaik untuk konsumennya. Layanan seperti perawatan facial, laser wajah, hingga aneka produk skincare dengan formula yang disusun sendiri juga disediakan. Pada momen-momen tertentu, mereka memberikan potongan harga sebagai bentuk promosi layanan dan produk yang ditawarkan.

Akan tetapi, tentunya akan lebih baik apabila Anda mengimbangi perawatan kulit dengan kebiasaan sehat, seperti misalnya menjaga asupan gizi dan nutrisi. Oleh karena itu, penting untuk Anda mencari tahu kandungan gizi apa saja yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah lima jenis makanan yang kandungan nutrisinya dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makarel dan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dipercaya mampu meredakan peradangan pada kulit. The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa omega-3 pada salmon juga dapat memberikan perlindungan kepada kulit Anda dari paparan radikal bebas. Sementara itu, saat tubuh kekurangan asupan asam lemak ini, Anda akan merasakan sejumlah gangguan, seperti kulit kering hingga kusam.

  1. Bayam

Daun bayam telah lama diyakini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa sayuran hijau ini memiliki khasiat khusus untuk kulit? Dikutip dari Medical News Today, bayam mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan produksi minyak pada pori-pori yang akan melembapkan kulit kering secara alami. Tingginya vitamin C dalam sayuran ini juga mampu memelihara kadar kolagen dalam tubuh yang memiliki banyak peran untuk kulit.

  1. Alpukat

Lemak sehat dalam alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melainkan juga menjaga kelembapan kulit wajah. Dilansir dari situs web Healthline, buah berdaging lembut ini memiliki kadar vitamin C dan E yang cukup tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Dengan demikian, risiko kulit terbakar dapat dihindari. Teksturnya yang lembut juga menjadikan alpukat sering digunakan sebagai masker alami.

  1. Edamame

Tidak hanya nikmat disantap sebagai camilan, edamame ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini tidak luput dari fakta bahwa kacang berwarna hijau muda tersebut mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Isoflavon dalam edamame juga mampu meminimalisir risiko kerusakan kulit yang dipicu oleh paparan sinar matahari langsung. Anda dapat mengonsumsinya sebagai kudapan sehat di sela-sela waktu makan besar.

  1. Telur

Anda yang telah lama menggunakan bahan-bahan alami sebagai masker pasti tidak asing dengan manfaat putih telur terhadap kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin A dalam sumber protein tersebut mampu menyamarkan bintik-bintik kecokelatan hingga kerutan. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi telur dapat memicu masalah kulit seperti bisul, sehingga konsumsi sumber protein ini sebaiknya dibatasi.

Selain untuk kulit, makanan sehat ini sangat baik dikonsumsi di tengah pandemi COVID-19 untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Imun tubuh harus tetap terjaga di tengah wabah yang merebak saat ini. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, tubuh akan jadi lebih kuat, kulit pun akan terlihat lebih indah.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi terkait makanan yang perlu dikonsumsi untuk kesehatan kulit wajah, silahkan kunjungi klinik kecantikan ERHA terdekat di kota Anda. Untuk informasi mengenai lokasi klinik terdekat dari domisili Anda, silakan akses website resmi klinik ERHA. Namun, jika Anda ingin merawat kulit tanpa harus keluar rumah, Anda bisa menikmati pelayanan ERHA secara online untuk berkonsultasi dengan ahli atau membeli produk. Kunjungi bit.ly/ERHAdirumahaja untuk mengetahui info lebih lanjut.