Membangun Usaha Laundry dengan Efektif

  • Wikimu
  • Apr 12, 2022
Usaha Laundry

Menjalankan usaha laundry dengan sukses merupakan impian dari semua pebisnis binatu, namun menjadikan sebuah usaha laundry menjadi bisnis yang sukses dan berjalan dengan mulus merupakan kesulitan yang harus anda hadapi. Karena akan sangat banyak rintangan dan kendala yang menjadi beban dalam menjalankan usaha laundry.

Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja yang dapat menjadi kesulitan yang akan terjadi ketika anda membangun usaha laundry. Sehingga anda sudah mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk menghindari kendala yang dapat terjadi saat masalah-masalah yang datang.

Ada saja kesalahan yang dapat muncul begitu saja disaat yang tidak dapat diduga. Ketika masalah datang dan belum adanya perencanaan masalah yang matang, hal ini dapat berakibat fatal hingga membuat kerugian yang berarti, anda harus mewaspadai hal-hal tersebut dengan mengetahui bagaimana cara membangun usaha laundry dengan efektif.

Beberapa Membangun Usaha Laundry dengan Efektif

1. Menjaga dan menjalankan usaha laundry sesuai SOP

Dalam menjalankan usaha apapun itu, perlu adanya dorongan yang kuat dari penggunaan ketertiban yang dilakukan oleh para pegawai laundry. Karena tanpa adanya proses laundry yang baik, tentu usaha laundry tidak dapat berjalan dengan sebaik mungkin dimana hal ini membutuhkan adanya arahan yang kuat.

Banyak dari pelaku usaha laundry yang kurang memperhatikan proses laundry sesuai dengan sop atau standar operasional prosedur yang berlaku pada usaha laundry yang dijalankan. Hal ini dirasa sangat penting mengingat usaha laundry membutuhkan runtutan proses yang harus dilalui langkah demi langkah.

2. Utamakan keselamatan kerja

Keselamatan pekerja juga salah satu hal yang penting dalam membangun usaha laundry yang efektif. Dimana seluruh keamanan peralatan laundry harus dicek secara berkala. Tidak hanya mesin-mesin laundry dan segala macam peralatannya, namun juga bahan-bahan untuk melakukan proses laundry.

Seperti apakah bahan dasar atau ingredients pada produk tersebut aman bagi kulit atau tidak. Sehingga anda tidak hanya harus memperhatikan apakah wangi yang dimiliki deterjen dan pewangi memiliki keharuman yang enak atau tidak. Pilihlah deterjen yang berkualitas agar proses mencuci berjalan dengan baik.

3. Menggunakan Aplikasi Laundry

Alat pendukung untuk menjalankan usaha laundry dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi laundry. Saku Laundry merupakan salah satu aplikasi laundry yang dapat anda gunakan untuk membantu menjalankan usaha laundry agar berjalan dengan lebih baik, tidak hanya dapat membantu owner, karyawan hingga customer juga akan mendapat keuntungan.

Terdapat 4 akun yang dapat dimanfaatkan dalam aplikasi ini diantaranya akun owner untuk mengelola keuangan dan mengontrol operasional laundry, kemudian akun kasir untuk menjalankan proses laundry dari menerima pesanan, menjalankan transaksi, melakukan proses mencuci pakaian pelanggan dan sebagainya.

Selain itu terdapat akun pelanggan yang dapat digunakan untuk pelanggan, dimana pelanggan dapat melihat proses laundry bahkan memesan jasa laundry dari rumah. Kemudian ada akun driver yang digunakan untuk saling terhubung dengan akun customer agar dapat melakukan proses antar jemput.

4. Berikan pelatihan berkelanjutan pada pegawai

Berikanlah pelatihan secara rutin dengan cara memberi briefing sebelum melakukan tugas-tugas yang akan dikerjakan. Hal ini dianggap penting dari suksesnya bisnis laundry yang dijalankan. Karena adanya pegawai yang berkompeten dapat membuat lancarnya sebuah usaha laundry.

Untuk itu, penting memberikan training sesuai dengan pembaruan yang dilakukan setiap adanya pembaruan yang dilakukan pada outlet anda. Seperti penggunaan mesin cuci harus disesuaikan dengan muatan yang dimasukan. Sehingga tidak menimbulkan kerusakan baik pada barang yang dicuci maupun mesin cuci itu sendiri.

5. Meningkatkan peralatan

Peralatan laundry perlu dilakukan peningkatan setiap waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam bekerja. Selain itu melakukan upgrade peralatan laundry merupakan efisiensi laundry yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pada usaha laundry.

6. Lakukan pemantauan secara rutin

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses pemantauan secara rutin dimana proses pemantauan dapat anda lakukan juga dengan menggunakan aplikasi laundry berbasis android. Sehingga akan sangat kecil kemungkinan pegawai laundry melakukan tindakan kecurangan yang dapat merugikan owner laundry.