Menentukan Bank Tabungan Valuta Asing

  • 2 min read
  • Oct 20, 2020
Menentukan Bank Tabungan Valuta Asing

Source gambar: https://unsplash.com/photos/t-UV1rZqPuY

Setiap bank punya ketentuan tabungan valuta asing masing-masing. Ketentuan itu meliputi jumlah setoran minimal, biaya administrasi tabungan dollar, biaya kurs dan lainnya. Perhatikan ketentuan tersebut untuk memastikan bank yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tabungan valuta asing dikenakan biaya administrasi relatif lebih tinggi.

Mulai dari biaya administrasi bulanan, penalti jika angka saldo kurang dari minimal dan penutupan rekening. Kamu harus paham betul mengenai ketentuan dan biaya yang harus dikeluarkan sejak awal. Kamu juga harus siap menanggung biaya selisih kurs. Perhatikan kurs jual saat ingin menyetorkan rupiah. Sebaliknya, perhatikan kurs beli jika akan mencairkannya ke rupiah.

Istilah Kurs Beli dan Jual

Kamu wajib memahami istilah kurs beli dan jual saat di bank atau money changer. Soalnya, masih banyak orang yang masih sering tertukar. Kurs jual adalah nilai yang ditawarkan bank atau money changer untuk menjual dollarnya. Sementara kurs beli adalah nilai yang ditawarkan untuk membeli dollar dari pelanggannya.

  • Menentukan Bank

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan bank:

  • Pilihan Mata Uang

Cari tahu pilihan mata uang yang didukung dan disediakan

  • Saldo Minimum

Ketahui jumlah saldo minimum tiap bulan pada tabungan valuta asing kamu. Sesuaikanlah ketentuan saldo minimum yang dimiliki bank dengan keuangan dan kebutuhan kamu.

  • Biaya Akun

Mintalah rincian yang harus kamu bayarkan setiap bulan supaya tidak terkejut dengan biaya tak terduga.

  • Jumlah Transfer

Ketahui jumlah minimum dan maksimum transfer yang dapat dilakukan dari bank.

  • Biaya Konversi Mata Uang

Bank mungkin akan memberikan biaya ketika kamu akan mengkonversi mata uang.

  • Fleksibilas Layanan

Fleksibilitas layanan dari bank apakah memungkinkan untuk melakukan transaksi melalui online atau telepon misalnya.

Keuntungan Membuka Tabungan Valuta Asing digibank by DBS

Begitulah serba-serbi tabungan dollar yang perlu kamu ketahui. Biar semakin afdol, dibutuhkan aplikasi yang bisa membuat tabungan dollar kamu tetap aman. Salah satunya adalah melalui digibank by DBS. Tabungan dollar menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Terutama bagi milenial yang haus berkarya.

Tabungan mata uang asing merupakan simpanan dalam bentuk dollar Amerika Serikat (AS), yuan Cina, yen Jepang dan Euro. Sejumlah bank swasta menawarkan layanan rekening valas tersebut. Salah satunya digibank by DBS. Lalu kenapa harus punya rekening valas di Aplikasi digibank by DBS? Soalnya, buka rekening valas kini lebih mudah di digibank. Kamu tinggal klik di aplikasi tanpa harus datang ke cabang.

Dengan 10 mata uang asing, kamu bisa atur dan terima kapan dan di mana saja sesuai kebutuhanmu. Menyimpan dalam 10 mata uang asing seperti yang disebutkan sebelumnya. Nilai tukar dan bunga tabungan valuta asing digibank pun kompetitif.

Tentunya, semua bebas biaya rekening dan konversi. Juga semakin dipermudah dengan akses 24/7 sehingga tanpa harus ke cabang untuk mengaturnya. Maka tunggu apalagi, rancang masa depan dengan tabungan valuta asing dari digibank by DBS!

Lebih Untung Daripada Tabungan Biasa

Tabungan valuta asing merupakan salah satu metode yang bisa kamu pilih untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Bunga tabungan mata uang asing memang lebih rendah dibandingkan rupiah. Tapi investasi ini punya keuntungan yang gak dimiliki tabungan biasa. Apa aja sih keuntungannya?

  • Dana untuk belajar ke luar negeri
  • Dana perjalanan ke luar negeri termasuk ibadah haji
  • Mempertahankan daya beli saat rupiah jatuh

Keuntungan yang paling bisa dirasakan adalah poin ketiga. Alasannya karena mereka yang bekerja untuk perusahaan asing mendapatkan keuntungan besar karena gaji dollar menjadi berkali lipat. Tapi sebelum kamu memulai tabungan mata uang asing, lebih baik cari tau dulu cara bermainnya.