Mengetahui Flashdisk dan Cara Kerjanya

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Flashdisk

Sebagaimana yang telah kita tahu flashdisk merupakan sebuah perangkat keras atau perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk menyimpan data atau berkas dalam bentuk digital. Flashdisk dapat disebut dengan USB Flash Drive. Seiring dengan bertambahnya kemajuan dibidang teknologi, kebutuhan untuk penyimpanan data atau berkas memanglah sangat diperlukan sekali. Flashdisk memiliki fungsi dapat digunakan sebagai menyimpan berkas atau data, selain dalam kepingan CD atau DVD.

Flashdisk merupakan sebuah media yang berfungsi untuk menyimpan data ataupun berkas secara portable, dan juga bisa disambungkan dengan menggunakan port USB pada sebuah computer atau laptop. Untuk sekarang sudah mulai canggih lagi, flashdisk tersebut dapat digunakan melalui smartphone, Televisi, dan lainnya yang mendukung penempatan flashdisk. Adapun penggunaan flashdisk dengan smartphone, dibutuhkan alat bantu seperti OTG. Memudahkan untuk menyalurkan data atau berkasnya ke media smartphone.

Cara kerja flashdisk

Adapun cara kerja dari benda yang dapat menyimpan data atau berkas ini, dengan cara menancapkan flashdisk pada port USB yang terletak pada komputer, laptop, smartphone, TV, DVD, atau alat digital lainnya yang memungkinkan untuk disambungkan dengan flasdisk.

Setelah itu akan muncul sebuah keterangan ataupun pemberitahuan di computer atau laptop bahwa flashdisk sudah tebaca. Sedangkan pada smartphone tertentu saat ini, jika akan memasangkan flashdisk ke smartphone harus mengatur (setting) untuk mengaktifkan sambungan OTG terlebih dahulu pada pengaturan didalam smartphone kamu.

Setelah berhasil disambungkan kepada alat digital manapun, maka akan diberi pemberitahuan dan kamu bisa langsung memakainya.

Jenis-jenis flashdisk

Bentuk flashdisk dangatlah beragam, mulai dari bentuk standar, bentuk unik menyerupai animasi kartun, kendaraan, hiasan dan gelang. Dengan begitu flashdisk sangatlah banyak beredar dipasaran karena bentuk yang beragam dan unik tentunya. Dari ukuran kapasitas yang dimiliki oleh flashdisk pun dengan daya tampang kapasitas yang berbeda. Mulai dari ukuran Flashdisk 2GB, Flashdisk 4GB, Flashdisk 8GB, Flashdisk 16GB, Flashdisk 32GB, Flashdisk 64GB, bahkan sampai 1B>.

Terdapat juga banyak merk yang menciptakan flashdisk, pastinya laris dan banyak dijual dipasaran. Beberapa dantaranya seperti Crosair, Sony, Samsung, Scandisk, Toshiba, Kingston, Adata, HP, Philips dan mungkin jenis merk lainnya.

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh flashdisk

Flashdisk ini merupakan alat digital yang berupa media penyimpanan yang sangat simple dan juga efesien. Pastinya flashdisk juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui. Berikut ulasannya.

  1. Kelebihan flasdisk

Kelebihan pertama, Flashdisk bisa dipakai sebagai media instalasi windows dengan membuatnya Bootable Windows. Kedua, flashdisk juga memiliki ukuran yang kecil dan simpel tetapi bisa menyimpan file yang berukuran besar. Semakin besar kapasitas yang dimiliki oleh flashdisk maka akan dapat menyimpan file atau berkas yang banyak, namun bentuknya tetap kecil. Ketiga, flashdisk mudah digunakan dan tidak perlu instalasi dan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Keempat, harganya terjangkau, bisa dibeli oleh siapapun.

  1. Kekurangan flashdisk

Ada nilai plus,  pasti akan ada nilai min nya. Begitu pula yang terjadi dengan flashdisk juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui. Pertama, pada ukuran flashdisk yang kecil dikhawatirkan untuk kita tetap harus hati-hati, apabila flashdisk untuk dibawa kemana-mana karena akan mudah untuk hilang atau terjatuh dijalan, berhati-hatilah dan rawat dengan baik. Kedua, hindari flashdisk dari air dan api, apa bila flashdisk mengenai salah satu diantara keduanya maka akan menyebabkan merusak dan terjadi konsleting pada sistem yang dipasangkan flashdisk seperti contohnya computer atau laptop.