Mengulas Tentang Tomat, Kandungan Sampai Manfaat Kesehatan untuk Ibu Hamil

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021
Tomat

Semua orang sudah paham jika seorang ibu hamil perlu untuk mengonsumsi jenis makanan ataupun minuman yang bergizi tinggi, apalagi itu untuk menunjang pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Tidak heran jika buah dan sayur sering dijadikan andalan untuk menu sehat selama hamil. Banyak sayuran yang bisa dikreasikan dalam berbagai jenis olahan, seperti Tomat dimana Anda bisa mengonsumsi langsung sebagai camilan, dijadikan dalam minuman jus, bisa pula untuk masakan salad dan lainnya. Jangan salah, tomat menyimpan banyak kandungan baik untuk ibu hamil. Tidak percaya? Cek sekarang!

Kandungan Nutrisi Tomat

Bukan hanya isapan jempol, dimana tomat bermanfaat untuk ibu hamil. Dimana buah berwarna merah, dengan rasa asam manis itu menyimpan banyak nutrisi didalamnya. Bahkan semua gizi yang terkandung diperlukan untuk tubuh si ibu dan juga pertumbuhan janin secara baik. Supaya semakin yakin khasiat bagi kesehatan, berikut beberapa kandungan nutrisi dalam tomat yaitu:

  • Protein 1.58 gram.
  • Serat 2.2 gram.
  • Karbohidrat 5.8 gram.
  • Kolesterol 0 gram.
  • Kalsium 18 miligram.
  • Kalium 427 miligram.
  • Vitamin C 24.7 miligram.
  • Fosfor 43 miligram.

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Dengan melihat kandungan yang banyak seperti diatas, tentu saja Anda semakin yakin bukan jika tomat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, cocok untuk bumil dijadikan dalam berbagai olahan atau masakan. Bisa pula untuk dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang segar, asam, manis. Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan bumil seperti:

  1. Membantu penyerapan zat besi.

Zat besi saat hamil sangat diperlukan sekali dalam jumlah yang banyak, tomat sendiri mampu memberikan nutrisi tersebut dalam jumlah besar. Terlebih lagi kandungan gizi yang ada didalamnya yaitu vitamin C. Dengan kandungan tersebut dalam tubuh akan terbantu penyerapan zat besi lebih cepat.

  1. Adanya likopen untuk melindungi sel.

Likopen merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh seorang ibu hamil, namun disarankan untuk mengkonsumsi bukan dari jenis suplemen namun dari sayur dan buah alami. Tomat tw merupakan salah satu yang cukup direkomendasikan. Karena jika mengkonsumsi dari jenis suplemen resiko kelahiran premature lebih besar.

  1. Meningkatkan energi bumil.

Rasa cepat lelah sering dirasakan oleh ibu hamil, apalagi pada kandungan yang sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Namun untuk mengurangi rasa tersebut Anda bisa mengkonsumsi jenis tomat yang mampu meningkatkan energi bumil kembali.

  1. Memperkuat sistem imun.

Selain untuk membantu penyebaran zat besi dalam tubuh, tahukah Anda jika vitamin C juga membantu meningkatkan sistem imun? Inilah alasan kenapa bumi cukup direkomendasikan untuk mengkonsumsi tomat dengan vitamin C tinggi karena bisa memperkuat imun tubuh.

  1. Mencegah pendarahan.

Pendarahan pada ibu hamil sering sekali terjadi, hal itu disebabkan oleh banyak seperti aktivitas yang tinggi, lemahnya kandungan dan lainnya. Nah, untuk mengurangi hal itu dan beresiko buruk terhadap janin lebih baik konsumsi tomat. Dimana kandungan didalamnya bisa membantu untuk mencegah terjadinya pendarahan.

Dari ulasan diatas pasti Anda semakin yakin bahwa tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup baik untuk dikonsumsi selama hamil. Pastikan Anda memilih jenis tomat segar, umumnya jenis tomat tw cukup mudah dan banyak ditemukan. Bisa belanja di TaniHub yang menyediakan beragam jenis tomat termasuk tomat tw dengan kualitas unggulan karena langsung dari petani. TaniHub menjadi tempat belanja modern yang mudah, murah, nyaman serta aman.