Pengertian Teknologi Olahraga

  • Wikimu
  • Feb 08, 2022
Teknologi

Olahraga merupakan topik yang memisahkan dan sekaligus menatukan satu Negara. Meskipun itu berada di tim kebanggaan. dab saat tim Nasional mereka sedang berjuang, perbedaan tersebut mereka sampingkan. Dan olahraga memberikan kesempatan pada manusia yang menjadi atlet untuk tampil di atas rata-rata. Dengan berkembangnya olahraga, teknologi pun ikut berkembang untuk keindahan dan kesempurnaan dalam sebuah olahraga yang sedang diselenggarakan. Berikut biggu akan menjelaskan beberapa teknologi yang ada didalam olahraga.

Var

Var dikembangkan pada tahun 2010 lalu, oleh belanda dan diperkenalkan oleh Major League Soccer pada tahun 2016 lalu, Video Assistant Referee merupakan teknologi canggih dalam dunia olahraga untuk meninjau kembali keputusan wasit agar tidak keliru dan salah dalam mengambil sebuah keputusan mengenai pelanggaran dan goal. Wasit juga akan memberikan isyarat TV untuk melihat rekaman ulang.

Perangkat Hans

Teknologi perangkat ini, banyak digunakan di olimpiade sarana olahraga balap mobil F1 dan Nascar. Harus diketahui bahwa hans diterapkan selama 12 tahun sebagai standar keamanan untuk diajang balapan. Asosiasi ini ang mengatur langsung jalannya ajang balap Internasional terutama F1, yang mengikuti langkah nascar pada tahun 2003 lalu. Sampai saat ini, bahkan hampir seluruh dunia menerapkannya.

Teknologi Mata Elang

Teknologi ini merupakan, sistem tayangan ulang yang cerdas. Ini di perkenalkan oleh Badminton word Federation pada tahun 2014 lalu dan dikejuaraan India Super Series. Sedangkan di Internasional tennis federation ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2005 yang lalu. Saat didalam pertandingan, kok yang seharusnya keluar dianggap masuk oleh hakim garis. para pemain akan mengangkat tangannya untuk memberikan kode sebagai tanda challenge. Dan lalu wasit pun akan meminta pengawas untuk melihat memutar kembali jatuhnya kok tersebut dengan menggunakan teknologi mata elang. Pada dasarnya teknologi ini mampu menangkap sebuah pergerakan kok dan jatuhnya, teknologi ini lebih tajam dari mata manusia

Teknologi Fitnes Tracker

Teknologi ini merupakan,mimpi bagi para susunan staf pelatih olahraga untuk memantau perkembangan atletnya, saat atlet sedang bermain di lapangan. Beberapa liga besar dan federasi sepak bola di benua Eropa juga ikut memakai teknologi apex, yang terletak di sekitar leher dan dada, Apex juga bisa dapat mengirim data dan kebugaran atlet ke perangkat yang terhubung melalui aplikasi tersebut. Pelatih juga dapat menerapkan program yang cukup sesuai dan mengubah sebuah strategi permainan yang spontan. Berdasarkan dengan 16 data yang dibutuhkan.

Teknologi Untuk Atlet difabel

Tidak sedikit orang yang ingin tetap aktif untuk membela negaranya sendiri, walaupun harus menggunakan kaki palsu dan kursi roda. Hal tersebut lah yang menjadi inspirasi Dr. Roy A. Cooper, untuk mengembangkan alat bantu para atlet difabel. Bersama tim untuk mengumpulkan beberapa data pergerakan dari seorang atlet, dari rentang gerakan hingga dengan energi yang dibutuhkan untuk bisa melompat tinggi dan berlari cepat. Temuan ini kemudian langsung diterapkan pada rancangan organ-organ buatannya untuk kemampukan atlet difabel untuk melakukan gerakan yang sama. Dengan adanya teknologi ini, Dr. Cooper yakin bahwa atlet difabel itu pun dapat berkompetisi tanpa batas, bahkan bisa berkompetisi dengan atlet normal.

Pil termometer

Pil ini hanya berukuran sama dengan pil biasa, dan berfungsi untuk memantau suhu tubuh atlet. Pil termometer ini berguna untuk mencegah cedera serius dan kematian yang disebabkan oleh suhu tubuh tinggi dan hipertermia.

Itulah berbagai teknologi yang telah dikembangkan untuk mendukung kesempurnaan dalam olahraga.

Related Post :