Pentingnya Memahami Aturan Tinggi Net Bola Voli

  • 2 min read
  • Aug 23, 2021
Aturan Tinggi Net Bola Voli

Begitu banyak jenis permainan yang bisa dimainkan dalam kelompok baik itu putra maupun putri. Salah satunya adalah bola voli dimana permainan ini cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Lihat saja di beberapa daerah terlebih saat merayakan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, maka permainan ini cukup sering dimainkan. Selain mudah, permainan ini memberikan keseruan antar kedua pemain. Saling memukul dengan keras, bertahan, menyerang dan masih banyak lagi.

Agar seru, maka tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Salah satu perlengkapan yang harus disiapkan saat bermain bola voli adalah net atau jaring. Cukup banyak merk terkenal yang menawarkan net voli dengan harga yang bervariasi. Ada yang mahal namun tidak sedikit juga yang cukup terjangkau. Namun, kualitas keduanya sudah pasti berbeda sehingga sangat disarankan agar menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dana.

Misalnya saja bermain voli adalah olahraga untuk menghabiskan waktu bersama teman maka tidak ada salahnya juga untuk memilih yang tidak terlalu mahal namun kualitasnya baik. Di toko online cukup banyak merk yang umum dipakai oleh masyarakat di Indonesia namun kualitasnya tetap terbaik dan layak untuk digunakan.

Jika berbicara soal net bola voli pasti kita dihadapkan dengan pertanyaan apakah tinggi net bola voli putra dan putri sama?  Tentu saja, jawabannya jelas berbeda dikarenakan faktor yang memang tidak bisa diabaikan seperti massa otot, tinggi badan hingga kekuatan pukulan. Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pemain bola voli profesional maka sudah seharusnya untuk tidak hanya memahami tentang bagaimana memantulkan bola dengan baik tapi juga harus memahami komponen yang ada dalam permainan bola itu sendiri

Mengapa? Karena hal ini cukup penting dimana pengetahuan ini akan mendukung pemain bola voli tersebut bisa bersikap layaknya seorang atlet profesional. Adapun jaring atau net bola voli untuk pria jelas berbeda dikarenakan faktor fisik. Itu sebabnya, tinggi dari masing masing net bola voli putra adalah 2,43 m dan untuk wanita adalah 2,24 m.

Sementara itu, panjang dari jaring bola voli itu itu adalah 9 m dengan lebar bersih 1 meter. Tinggi antena pada jaring bola voli yaitu 80 cm dengan posisi di atas jaring. Ketinggian tiang jaring voli yaitu 2,55 m dengan jarak antar tiang jaring hanya 0,5 sampai 1 meter. Pita tepi jaring voli itu berukuran 5 cm sedangkan tepi pada sisi berukuran 5 cm. Ukuran jala dalam permainan bola voli adalah 10 cm dan sangat direkomendasikan agar memilih bentuk kotak.

Artinya, perbedaan mendasar dari perlengkapan bola voli putra dan putri adalah hanya terletak pada tinggi net yang digunakan dan selebihnya adalah sama. Baik untuk panjang jaring, tinggi tiang dan lainnya. Meskipun hal ini sepertinya bersifat teknis namun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui secara detail. Karena bisa saja kesalahan terjadi diakibatkan ketidaksengajaan dan Anda bisa menegur karena memang sudah mengetahui aturan yang ditetapkan.

Bagaimana, sudah mengetahui tentang aturan net yang digunakan baik untuk bola voli putra dan putri? Dan jangan lupa, untuk terus melatih berbagai gerakan seperti smash, posisi berdiri saat melakukan blok, bertahan dan servis agar tingkat kemampuan Anda semakin meningkat. Oh ya, tidak ada salahnya juga untuk berpartisipasi dengan berbagai kejuaraan baik daerah maupun lokal.