Peran Sosial Media Sebagai Cara Optimasi Website

  • 2 min read
  • Aug 05, 2021
Peran Sosial Media Sebagai Cara Optimasi Website

Perkembangan dunia blogging yang begitu pesat membuat pelakunya mau tidak mau harus beradaptasi. Jika tidak, bisa bisa ketinggalan oleh para kompetitor yang sudah terlebih dahulu mengambil bagian. Kalau dulu, hanya dengan menulis beberapa konten sudah bisa berada di halaman pertama Google. Namun kini, perlu sedikit effort untuk membuat website diakui oleh mesin pencari.

Salah satu faktor yang konon katanya turut berpengaruh adalah peran sosial media. Meskipun secara SEO hal ini sangat jarang berpengaruh, namun pada kenyataannya justru menambah nilai di mata mesin pencari. Misalnya saja ada konten menarik yang Anda bahas di dalam website dan dalam hitungan beberapa menit hampir ratusan pengguna internet mengirimkan ulang. Maka, pihak Google menilai bahwa konten tersebut berkualitas. Dan bukankah ini satu kesempatan yang cukup baik untuk meningkatkan traffik atau pengunjung?

Jadi, jika Anda memiliki akun di sosial media maka jangan sungkan untuk membagikan konten website Anda. Tak perlu membahas topik yang sifatnya norak atau memancing pro dan kotra. Sebaliknya, konten yang berisikan tips pun bisa dijadikan sebagai sumber traffik menarik bagi blog Anda.

Agar memudahkan pengunjung untuk membagikan konten yang ada pada website Anda maka gunakan plugin khusus dan sematkan pada halaman yang dimaksud. Dengan demikian, mereka tak perlu login atau harus membuka akun mereka satu persatu untuk sekedar share. Mudah namun hasilnya bermanfaat.

Kemudian, hal lain yang tidak bisa diabaikan juga adalah faktor backlink. Bagi praktisi SEO, yang namanya backlink sudah seperti ramuan yang harus diracik sedemikian rupa guna mendatangkan pengunjung. Adapun racikan tersebut harus tepat agar tidak berpengaruh buruk pada website Anda nantinya. Bagi mereka yang sudah paham tentang alur ini, tentu tidaklah sulit untuk merancang pola bagaimana memberikan backlink yang berkualitas. Sebaliknya, mereka yang masih pemula tentu harus berhati hati dan belajar lebih dalam lagi.

Nah, daripada Anda pusing untuk mengerjakan backlink satu persatu dan mencermati apakah keyword yang ditargetkan bisa bersaing maka ada solusi yang terbaik. Apa itu? Menggunakan jasa backlink yang memang sudah paham tentang bagaimana menerapkan pola yang tepat. Biasanya, mereka akan menggunakan sistem yang sudah teruji di beberapa website dan berhasil mendatangkan traffik yang tidak sedikit.

Asalkan, Anda mengetahui bagaimana memilih jasa yang menawarkan layanan backlink ini. Jika salah memilih, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kualitas website Anda. Kemudian, bukan tidak mungkin dana yang Anda keluarkan terlalu mahal hanya untuk sebuah kata kunci yang sebenarnya sangat mudah dioptimasi. Atau, malah memberikan harga yang terlalu murah namun pengerjaannya cenderung instan. Satu hal yang sebenarnya tidak dianjurkan.

Untuk mendapatkan jasa backlink yang berkualitas dan berpengalaman sebenarnya tidak sulit. Anda bisa bergabung di salah satu forum di sosial media dan melihat apakah ada layanan yang memberikan backlink dengan harga yang cenderung masuk akal. Biasanya, para anggota akan memberikan rekomendasi berdasarkan pengalaman mereka apakah layanannya sesuai dengan janji yang diberikan atau malah sebaliknya.

Jika belum menemukannya, tidak ada salahnya untuk bertanya dengan para anggota apakah ada rekomendasi untuk jasa seperti ini. Nah, dari keterangan yang diberikan inilah nantinya yang menjadi dasar pertimbangan dalam memilih. Oh ya, jasa penyedia backlink yang terbaik pun biasanya akan membuka ruang diskusi atau konsultasi atau setidaknya memberikan saran dan tips tentang kata kunci yang ingin dioptimasikan.