Oleh: Teguh Boentoro

Manajer perencanaan keuangan berkolaborasi dengan analis ekonomi tentang proyek saat ini, menyajikan laporan kepada komite dan memberi nasihat kepada administrator mengenai praktik keuangan. Mereka mengatur investasi perusahaan, operasi akuntansi dan keuangan dan dapat menyiapkan laporan keuangannya. Beberapa bekerja untuk perusahaan keuangan yang fokus pada jenis investasi tertentu, seperti pensiun. Para profesional ini juga dapat mengawasi departemen investasi dan akuntansi, selain bekerja sebagai konsultan bisnis di sektor publik dan swasta. Jam kerja yang panjang seringkali diperlukan untuk manajer keuangan.

Persyaratan untuk perencana keuangan meliputi gelar sarjana dan pengalaman kerja terkait keuangan. Keterampilan kunci yang dibutuhkan termasuk keterampilan analitis, komunikasi dan organisasi yang kuat bersama dengan manajemen waktu, pemikiran kritis, pemahaman membaca dan keterampilan penilaian. Manajer perencanaan keuangan juga perlu memahami akuntansi, manajemen kredit, analisis keuangan, dan perangkat lunak spreadsheet serta kemauan untuk bepergian dan bekerja berjam-jam. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), manajer keuangan pada Mei 2018 menghasilkan gaji tahunan rata-rata $ 127.990.

Langkah Pekerjaan untuk Diikuti

Calon manajer perencanaan keuangan perlu melalui beberapa langkah spesifik. Sekarang mari kita melalui setiap langkah secara rinci:

Langkah 1: Dapatkan gelar Sarjana Keuangan

Sebagian besar pengusaha memerlukan setidaknya gelar sarjana dalam bidang seperti administrasi bisnis, keuangan, atau ekonomi. Program gelar sarjana di bidang-bidang ini umumnya mencakup kursus tentang investasi, keuangan internasional, statistik, hukum bisnis, analisis keuangan, dan perilaku organisasi. Program-program ini dirancang untuk memberi siswa landasan pengetahuan yang luas dalam topik-topik keuangan yang relevan ini. Beberapa dari program ini memungkinkan siswa untuk memilih pendekatan yang lebih fokus, namun, menawarkan opsi konsentrasi seperti keuangan bisnis atau perencanaan keuangan dan investasi.

Dianjurkan untuk mengejar peluang kerja langsung jika program gelar Anda menawarkan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam pengalaman kerja magang atau kerja sama. Peluang berharga ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan pengalaman yang diperlukan untuk bekerja di lapangan serta pemahaman yang kuat tentang konsep kompleks perencanaan keuangan di lingkungan dunia nyata.