Tips Aman Memilih Pinjol Cepat Cair

  • 2 min read
  • Aug 17, 2021
Pinjol Cepat Cair

Sekarang ini sudah banyak sekali beredar pinjaman online atau yang disebut pinjol. Penawaran dan fasilitasnya pun berbeda-beda. Namun, semuanya memiliki tujuan yang sama ingin menawarkan pinjaman yang bisa cepat cair bagi nasabahnya.

Selain itu, tidak kalah banyak yang mengaku pinjaman online tapi menipu.  Dengan begitu, kadang membuat Anda menjadi terkecoh dan bingung memilih mana yang benar-benar jujur. Ada tips aman untuk memilih pinjol cepat cair, yaitu :

  1. Terdaftar OJK

Dalam memilih pinjaman online yang terpenting adalah harus terdaftar dan memiliki izin OJK ( Otoritas Jasa Keuangan). Karena, artinya perusahaan pinjaman online ini sudah resmi dan diresmikan oleh OJK dan aman untuk diakses. Memang OJK lah yang menjamin keamanan semua perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar.

  1. Biaya dan Bunga Transparan dan Jelas

Sebagai sebuah jasa pinjol cepat cair, maka perusahaan ini harus menawarkan biaya dan suku bunga yang jelas dan sangat transparan. Dengan begitu, tidak ada yang disembunyikan dan dirahasiakan dari konsumen. Sehingga, konsumen pun bisa mengetahui biayanya secara transparan.

Bahkan, mengenai biaya memang harus benar-benar jelas bukan hanya suku bunganya tapi juga jangka waktu dan berapa limit yang bisa cair dan seberapa lama dana tersebut cair.

  1. Memiliki Website Resmi

Tidak hanya mengenai biaya, tapi sebuah perusahaan pinjaman online haruslah memiliki website resmi yang menunjukkan kalau perusahaan ini benar-benar serius dan tidak menipu. Walaupun website sudah bisa dibuat dengan mudah sekarang ini, tetap saja akan terlihat perbedaannya untuk yang menggunakan website resmi.

  1. Ada Kontrak dan Layanan Untuk Nasabah

Setelah beberapa syarat sebuah perusahaan yang harus ada, juga harus terdapat adanya kontrak perjanjian yang akan dijalankan antara konsumen dengan pinjol cepat cair ini. jika tidak ada maka perlu dicurigai keberadaannya.

Selain kontrak perjanjian, juga harus ada layanan untuk khusus nasabah yang berfungsi untuk melayani kebutuhan pelanggan atau nasabah tadi.

  1. Memiliki Fasilitas Cek Status Pinjaman

Masih ada lagi syarat lainnya, yaitu memiliki fasilitas cek status pinjaman. Artinya, jika perusahaan pinjaman online ini resmi pasti memiliki fasilitas cek status pinjaman tersebut. Dimana nasabah bisa mengecek semuanya seperti jumlah pinjaman yang ada, suku bunga, tenor dan lainnya yang berhubungan dengan status pinjaman.

  1. Ketahui Syarat Lengkapnya

Terakhir yang menjadi persyaratan sebuah pinjol bisa dibilang aman adalah bisa dilihat dari syarat lengkap yang ditawarkannya. Coba Anda cek semua persyaratannya tadi, apakah semua persyaratan tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa syarat di atas adalah syarat resmi dan amannya sebuah perusahaan pinjaman online (fintech) yang bisa dipercaya. Karena, jika tidak ada salah satu saja dari syarat di atas maka fintech tersebut melakukan sesuatu yang tidak legal.

Salah satu perusahaan pinjol atau fintech ini seperti pada Tunaiku, yang merupakan fintech yang sangat aman dan proses yang mudah serta cepat. Artinya, semua produk yang ditawarkan oleh Tunaiku memang sudah resmi terdaftar di OJK.

Sebagai sebuah fintech yang bisa dipercaya dan berkualitas, Tunaiku memiliki sejumlah dana yang bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Sehingga, konsumen akan merasa puas bisa menggunakan dana pinjaman secara cepat.

Selain itu, sebagai pinjol cepat cair yang dipercaya nasabah Tunaiku juga menawarkan suku bunga yang masih bisa dibilang rendah. Dengan begitu, nasabah pun tidak merasa berat mencoba melakukan pinjaman pada Tunaiku.