Tips-tips Supaya Generasi Indonesia Cinta Membaca Sejak Dini

  • 2 min read
  • Oct 29, 2020
Indonesia cinta membaca

Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting, karena dapat menambah pengetahuan serta wawasan. Bahkan menurut penelitian, seseorang yang gemar membaca buku kualitas hidupnya jauh lebih bahagia daripada mereka yang jarang membaca. Saat ini Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat literasi yang rendah. Oleh sebab itu, kita harus menginisiasi sebuah gerakan supaya orang-orang Indonesia cinta membaca.

Melalui kegiatan gerakan membaca yang diadakan oleh Tanoto Foundation, diharapkan dapat merangsang minat membaca buku kepada masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak berusia dini. Untuk menciptakan generasi berliterasi tinggi, memang harus mulai sejak dini. Usia anak-anak merupakan waktu yang baik untuk mengembangkan minat dan bakat.

Tips Agar Generasi Indonesia Cinta Membaca Buku

Gerakan membaca memang harus digalakkan di Indonesia. Tantangan yang dihadapi semakin berat, melihat banyaknya generasi muda yang lebih suka bermain gadget daripada membaca buku atau sumber literasi lainnya. orangtua sangat memegang peran penting, supaya anak suka membaca buku. Simak tips-tips memunculkan minat membaca pada anak berikut ini.

  1. Orangtua Harus Memberi Contoh

Anak-anak sering mencontoh apa yang orangtua mereka lakukan. Maka, sebaiknya orangtua harus selalu mencontohkan perbuatan yang baik. Termasuk menumbuhkan minat baca pada anak, orangtua harus bisa memberi contoh dengan membaca buku bersama anak.

Buku yang dibaca tidak harus yang berat bacaannya. Bisa memilih buku dengan banyak gambar, karena anak-anak cenderung lebih suka bacaan disertai dengan gambar lucu, hewan tumbuhan, dan kendaraan.

  1. Mengenalkan Berbagai Macam Buku Bacaan

Mungkin saat pertama kali memberikan buku pada anak bisa memilih buku dengan banyak gambar lucu dan berwarna-warni. Namun setelah anak terbiasa dengan buku bacaan seperti itu, cobalah untuk mengajaknya ke toko buku. Kenalkan berbagai jenis buku untuk dibaca oleh anak. Lama-kelamaan anak akan memilih buku yang dia suka.

  1. Memilihkan Buku yang Tepat

Usia anak-anak memang merupakan masa dimana mereka belajar untuk mengenali lingkungan sekitar. Arahkan anak-anak untuk membaca tentang apa yang mereka temui ketika belajar di luar rumah. Misalnya, mereka sering melihat hewan atau tumbuhan. Carikan buku mengenai hewan dan tumbuhan dan diajak untuk membacanya. Dengan demikian, mereka akan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai apa yang biasa dilihatnya.

  1. Beri Kebebasan dalam Memilih Buku

Benar jika untuk menumbuhkan minat baca  anak, orangtua harus memberikan buku bacaan pertama kali. untuk selanjutnya, orangtua sebaiknya Anda memberi sedikit kebebasan kepada anak untuk memilih sendiri jenis buku bacaan mereka tentunya dengan pendampingan.

Memberi kebebasan pada anak untuk memilih buku bacaannya, merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat anak selalu semangat membaca. Biarkan saja anak memilih buku dan jenis bacaan yang menjadi kesukaannya. Dengan demikian, minat baca anak Indonesia tetap tinggi. orangtua tetap berperan dalam memilihkan buku bacaan, sehingga anak memiliki sedikit pemahaman tentang buku yang akan dibacanya.

  1. Beri Apresiasi pada Anak

Orangtua hendaknya memberi apresiasi berupa pujian atau motivasi. Tujuannya, supaya anak semakin semangat dalam mengembangkan minat membacanya dan menjadi generasi Indonesia cinta membaca.

Apresiasi dari orangtua membuat, anak-anak merasa apa yang dilakukannya didukung sepenuhnya. Menunjukkan ketertarikan pada bacaan anak juga salah satu bagian dari sikap apresiasi. Caranya, orangtua bisa meminta anaknya untuk menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Sudah saatnya para orangtua terlibat dalam gerakan membaca. Jika anak-anak Indonesia cinta membaca, bukan hal yang mustahil beberapa tahun ke depan kita akan melihat negara tercinta ini menjadi negara maju secara intelektual.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca.

Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa, Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget,Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-