Terkadang, saat berencana mengadakan tur ke tempat wisata, muncul dilema antara melancong seorang diri atau bersama rombongan. Di Kota Metropolitan sendiri, cukup banyak yang menyediakan jasa sewa bus murah di Jakarta. Begitu pula dengan tawaran rental mobil yang bisa dikemudikan seorang diri. Kalau Anda masih bingung, pertimbangkan hal ini dulu.

Pertimbangan Biaya

Soal bujet selalu menjadi isu hangat untuk siapa pun yang berencana liburan di tempat wisata Jakarta. Realitas Jakarta itu tidak sesempit apa yang tertera di peta. Banyak lika-liku jalan yang mesti dilalui, kendati pun tempat wisatanya sangat variatif. Jika Anda hendak liburan seorang diri, maka seluruh biaya menjadi tanggungan pribadi.

Berbeda jika Anda liburan bareng rombongan. Katakanlah bersama anggota keluarga, kerabat, atau teman sekolah. Cukup dengan menggunakan jasa sewa bus pariwisata di Jakarta, Anda dan rombongan sudah bisa berkeliling semuanya. Bujet yang ada pun ditanggung rombongan. Sisanya bisa Anda gunakan untuk membeli oleh-oleh di lokasi.

Pertimbangan Berdasarkan Pengalaman Batin

Tempat wisata di Jakarta itu lebih didominasi oleh suasana ramai nan gegap-gempita. Baik para pelancong maupun warga sekitar tumpah ruah di tempat yang sama. Alhasil kurang cocok untuk Anda yang hendak menenangkan diri di tempat wisata sunyi. Dengan kata lain, Jakarta itu lebih cocok jika difungsikan sebagai tempat untuk asyik-asyikan bareng teman.

Saat mengajak rombongan ikut-serta, sepulangnya nanti akan mendapat pengalaman batin yang begitu melimpah. Teman yang semula acuh pada Anda, bisa bertambah akrab berkat agenda wisata ini. Kerabat yang jarang bertegur sapa, bisa mengambil momen untuk saling mendekatkan diri. Kemudian abadikan momen bersama lewat foto atau video dokumenter.

Pertimbangan dari Segi Rasa Aman dan Nyaman saat Jalan-Jalan

Biarpun Anda berwisata menggunakan mobil pribadi yang super mewah, biasanya muncul atau terbersit perasaan cemas. Meskipun sedikit, tapi begitu terasa. Terlebih lagi jika mobil pribadi Anda terparkir di lokasi yang rawan pencurian. Berbeda ketika Anda jalan-jalan rombongan menggunakan jasa sewa bus pariwisata di Jakarta. Rasa aman dan nyaman selalu ada.

Bus sudah ada yang jaga. Tugas Anda dan rombongan hanyalah menikmati waktu-waktu terbaik di tempat wisata. Perasaan aman dan nyaman itu akan terbawa hingga sepulangnya nanti ke rumah masing-masing. Kesannya seakan-akan ada perasaan saling menjaga. Saat Anda kekurangan bekal, teman rombongan pasti ada yang dengan sukarela membantu.

Saat Berwisata Seorang Diri, Acapkali Muncul Perasaan Hampa

Ada pepatah yang mengatakan, bahwa kehampaan batin itu lebih menyengsarakan ketimbang sakit hati ditinggal kekasih. Di mana pun dan kapan pun, hati Anda wajib selalu terisi. Alih-alih mengadakan tur untuk refreshing dari penatnya aktivitas, justru muncul perasaan semacam rasa kehilangan. Di Jakarta biasanya begitu, entah di tempat wisata lain.

Bandingkan dengan saat jalan-jalan bareng rombongan. Setibanya di tempat wisata, bisa main wahana bareng. Teriak kencang bareng-bareng. Apa pun kegiatannya jadi terasa meriah. Lain ceritanya memang, jika di tempat wisata, Anda memiliki kenalan baru dan kemudian saling asyik saat berwisata. Tapi, kebanyakan lebih suka kumpul bareng orang-orang yang sudah dikenal lebih dulu.

Perihal Identitas Diri saat di Tempat Wisata

Saat berwisata seorang diri dan tak ada teman mengobrol, muncul perasaan lain, yaitu seperti orang hilang. Tengok ke kanan-kiri, tak ada yang kenal. Akhirnya cuma melihat pemandangan sekitar yang begitu menjemukan. Saat jalan-jalan bareng rombongan, seakan Anda memiliki identitas di hadapan para pengunjung lain. Mau dibawa seru pun tinggal jalan.

Setelah melihat plus-minus di atas, bisa disimpulkan, bahwa jalan-jalan bareng rombongan itu lebih asyik. Apalagi sekarang ada tempat sewa bus murah di Jakarta dengan tarif minimal 950 ribu Rupiah per 19 seat. Salah satunya bernama SandHoliday yang memiliki fitur lengkap seperti Wifi gratis, AC, port charge, TV audio, dan masih banyak lagi.