Ujian Semakin Dekat, Belajar Semakin Ketat

  • 2 min read
  • Jun 26, 2019
download soal TPA

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN sudah semakin dekat saat itu, aku pun semakin panik. Aku memang sangat ingin bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri, terutama UI. Tapi aku juga gak memungkiri bahwa aku hanya punya sedikit peluang untuk bisa lolos di ujian tersebut.

Aku akui kalo aku masih sedikit sekali mempersiapkan diri untuk Ujian SBMPTN, materi yang diujikan pun belum aku kuasai sepenuhnya. Aku terkadang download soal TPA di internet untuk latihan mengerjakan soal SBMPTN, tapi itu juga sangat jarang.

Mencari bimbel yang bagus juga tidak mudah. Memang banyak yang menawarkan fitur-fitur menarik jika nendaftar di bimbel tertentu, namun aku masih harus memilih yang terbaiki dari sekian banyak bimbel yang menarik tersebut.

Beberapa yang menjadi syarat yang bisa aku jadikan pertimbangan memilih bimbel adalah sebagai berikut:

  1. Bisa mambantu aku belajar kapan saja aku butuhkan, karena aku mudah sekali bosan dan lebih suka belajar dengan suasana yang sepi. Oleh karena itu, aku biasanya lebih suka belajar di malam hari. Aku merasa bisa lebih fokus jika belajar sendirian di tengah suasana yang sunyi senyap.
  2. Aku mencari bimbel online yang memiliki banyak fitur untuk mendukung cara aku belajar. Selain yang seperti aku bilang di atas, aku juga tidak suka belajar dengan buku modul, apalagi yang tebal. Aku tertarik dengan video belajar seperti yang pernah aku liat dari bimbel online Ruangguru.

Aku merasa lebih bisa tahan berlama-lama belajar jika menggunakan media video daripada hanya memakai buku. Oleh karena itu aku sering melihat video-video di Youtube tentang materi belajar. Aku juga sering mendownload soal-soal latihan Ujian seperti, download soal TPA, download soal IPA dan Matematika.

  1. Aku mencari bimbel yang deket dari rumah, sehingga gak ngabisin waktu untuk mondar-mandir ke tempat bimbel. Aku sekolah di tempat yang jauh dari rumah, dan itu sangat melelahkan. Jadi aku gak mau lagi cari tempat bimbel yang jauh, udah tau rasanya kayak apa.
  2. Aku mau cari bimbel yang harganya masih bisa terjangkau, tidak terlalu mahal. Memang biaya pendidikan jaman sekarang sangat mahal, namun gak ada salahnya kan mencari yang murah dan terbaik.

Menariknya, semua kriteria aku itu aku temukan di satu bimbel yang memang menjadi pertimbangan aku, yaitu bimbel online Ruangguru. Tanpa ragu lagi aku langsung daftar di Ruangguru. Bahkan di Ruangguru aku bisa menemukan kelebihan yang melampaui kriteria yang aku cari. Aku bisa dengan bebas download soal TPA sesuai dengan kebutuhan belajar aku. Aku merasa gak sia-sia selama ini menyeleksi dengan teliti bimbel-bimbel yang akan aku pilih.