Universitas Swasta di Bandung yang Paling Populer

  • 2 min read
  • Jun 20, 2019
Universitas Swasta di Bandung

Menjadi salah satu kota pendidikan di Indonesia, tidak mengherankan jika jumlah perguruan tinggi swasta di Bandung cukup banyak. Tercatat, ada sekitar 130 universitas, baik negeri maupun swasta, yang terletak di kota Parijs Van Java.

Menurut PD-DIKTI (Basis Data Pendidikan Tinggi), Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) Wilayah IV di Bandung mencatat bahwa ada 99 Akademi, 25 Politeknik, 191 Sekolah Tinggi, 6 Institusi, 2 Akademi Komunitas, dan 45 Universitas di wilayah yang meliputi Barat Jawa dan Banten ini. Sebagai ibukota provinsi, tentu saja Bandung memiliki jumlah universitas terbanyak. Berikut adalah Universitas Swasta di Bandung yang paling populer.

Apa Saja Universitas Swasta di Bandung yang Paling Populer?

Universitas Masoem University

Universitas Swasta di Bandung yang pertama tentunya Masoemuniversity banyak jurusan yang bisa kamu pilih, seperti: Komputer, Pertanian, teknologi pangan di bandungekonomi bisnis islam, perguruan ilmu pendidikan dan lain sebagainya semua lengkap disana.

Alamat: Masoem University
Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

Universitas Telkom (U-TEL)

Universitas swasta yang baru berdiri pada 14 Agustus 2013 sebenarnya bukan pemain baru. Universitas Telkom adalah kombinasi dari empat Universitas Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI Telkom).

Kampus utama terletak di Jalan Telekomunikasi, Kanal Buahbatu, di daerah Bandung Technoplex (BT-Plex). Sementara itu, kampus lain terletak di daerah Gegerkalong Hilir, di PT. Telkom (Pusat Inovasi dan Pengembangan Telkom dan Universitas Korporat Telkom / Pusat Pelatihan Telkom).

Seiring dengan pengalamannya di bidang pendidikan telekomunikasi, Tel-U dianggap cukup baik karena memiliki A untuk program studi Teknik Telekomunikasi (S1), Teknik Industri (S1), dan Manajemen (S1). Prestasi murid-muridnya cukup menggembirakan, beberapa kali memenangkan medali di beberapa kompetisi domestik dan asing.

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Ini adalah salah satu universitas swasta tertua dan paling bergengsi di Indonesia. Tidak hanya tujuan pendidikan lanjutan bagi calon mahasiswa di kota, universitas ini juga merupakan salah satu tujuan calon mahasiswa dari luar kota Bandung.

Awalnya universitas yang kampus utamanya terletak di jalan Ciumbuleuit disebut Akademi Perdagangan yang didirikan pada 17 Januari 1955 oleh Keuskupan Bandung, sebagai hasil kolaborasi antara Uskup Bandung, Mgr. Pierre Marin Arntz, O.S.C. (terlambat) dengan Uskup Bogor Mgr. Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M. (terlambat). Bersamaan dengan pembukaan fakultas baru, pada tahun 1961 nama Universitas Katolik Parahyangan diresmikan.

UNPAR adalah salah satu universitas swasta terbaik di Bandung karena memiliki lebih dari 10 program studi / jurusan dengan peringkat A termasuk Hukum (S1), Hubungan Internasional (S1), Arsitektur (S1 dan S2), dan Akuntansi (S1). Alumni terkenalnya termasuk Dewi Lestari, Tulus, Marzuki Darusman, Hotman Paris Hutapea, dan Chantal Della Concetta.

Universitas Pasundan (UNPAS)

Universitas swasta yang didirikan pada 14 November 1960 ini memiliki jumlah siswa terbanyak di Wilayah Kopertis IV. Para mahasiswanya tidak hanya berasal dari negara Indonesia saja, tetapi juga dari negara-negara tetangga seperti Thailand, Turki, Malaysia, Singapura, Republik Somalia, Korea Selatan, Timor Leste, Polandia, Hongaria dan Afrika Selatan. Para siswa tersebar di lima kampus yang terletak di Jalan Lengkong Besar, Jalan Tamansari, Jalan Wartawan IV, Jalan Dr. Setiabudhi, dan Jalan Sumatera.

Tidak hanya populer karena nama Sundanya yang khas dan Sinta dan Jojo, yang merupakan alumni, UNPAS juga memiliki lebih dari 10 program studi / jurusan dengan nilai A, yang membuatnya mendapatkan gelar salah satu universitas swasta di Bandung terbaik. Program studi yang mendapat nilai A meliputi Teknologi Pangan (S1), Manajemen (S1), Ilmu Akuntansi (S1), dan Studi Hukum (S1).